3 Alasan Mengapa Barcelona Dijagokan Juara Liga Champions 2018-2019

Barcelona Juara Liga

Barcelona dengan catatan sejarahnya sukses menjadi salah satu klub besar dunia yang patut dijadikan contoh oleh klub lain yang ingin berkembang karena berhasil memenangkan berbagai macam gelar dunia, termasuk menjadi Juara Liga Champions.

Terakhir kali, Barcelona meraih gelar Liga Champions pada musim 2014-2015. Catatan bagus ini, mereka dapatkan ketika diarsiteki oleh Luis Enrique, dan sukses meraih treble winner dalam satu musim.

Menariknya disini ketika catatan bagus itu menjadi yang terakhir kali karena dua musim mereka sudah puasa gelar Liga Champions. Bahkan lebih buruknya lagi Barcelona kalah kelas dari rival abadi di Spanyol, Real Madrid dengan mencatatkan tiga kali beruntun menjuarai Liga Terbaik Eropa tersebut.

Kini Barcelona tengah mempersiapkan skema baru bersama pelatih berpengalaman, Ernesto Valverde. Di musim perdananya, mantan pelatih Real Sociedad tersebut sukses memberikan dua gelar domestik untuk Barcelona.

Sukses mendatangkan pemain baru di bursa transfer musim panas 2018 ini, Barca pun dianggap siap untuk mengakhiri dominasi EL Real sebagai juara bertahan Liga Champions. Dengan pandangan ini, lantas kami mencoba memberikan tiga alasan mengapa Barcelona pantas dijadikan sebagai kandidat kuat Juara Liga Champions 2018-2019.

1. Barcelona Dengan Era Baru

Kandidat Juara Liga Champions 2018-2019

Terlepas dari beberapa kegagalan mereka dalam dua musim terakhir, Barca tetap menjadi tim besar yang selalu berpeluang menjadi Juara Liga Champions. Satu bukti nyata adalah raihan yang mereka miliki, dimana mereka tercatat sebagai tim yang sukses meraih enam trofi utama dalam setahun, dan memenangkan treble dua kali pada musim 2009, dan 2015.

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Barca sudah memenangkan Liga Champions sebanyak lima kali. Catatan ini semakin sempurna karena Barca masih diperkuat oleh Luis Suarez, Gerard Pique, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Philippe Coutinho, Samuel Umtiti, yang merupakan pemain-pemain yang sukses meraih banyak gelar.

Dan satu nama yang memberikan kredit besar kepada peluang Barca menjadi juara adalah penyerang Argentina, Lionel Messi, yang merupakan salah satu pemain terbaik dunia dan bisa memenangkan pertandingan seorang diri. Dengan kata lain, selagi Messi masih memperkuat Barca, maka mereka berpeluang meraih berbagai gelar.

2. Coutinho Nyawa Baru Barca

Barcelona Juara Liga Champions Musim Ini

Dengan perjuangan panjang, Barca akhirnya mampu meyakinkan Liverpool untuk melepas Phillipe Coutinho dengan harga 142 juta pounds pada Januari 2018. Nilai besar itu telah menjadikan Coutinho sebagai pemain termahal ketiga dibawah Neymar dan Kylian Mbappe.

Mengawali musim dengan sulit, akhirnya Coutinho bisa beradaptasi dengan cepat, dan menjadi satu sosok krusial dilini tengah Barca. Kini dengan status sebagai pengganti Andres Iniesta, Coutinho dipercaya semakin bebas mengeluarkan gaya magisnya di atas lapangan.

Pengalaman bermain bersama Liverpool dan Inter Milan, dipercaya akan menjadi modal bagus bagi Coutinho mengarungi Liga Champions musim depan. Musim ini akan menjadi musim baru bagi Coutinho bersama Barca untuk mensukseskan satu mimpinya meraih gelar juara Liga Champions.

3. Transformasi Real Madrid

Transformasi Real Madrid

Sukses merajai panggung sepakbola Eropa dalam tiga musim terakhir, Real Madrid sekarang dalam masa transisi. Mereka sudah kehilangan dua sosok besar macam Cristiano Ronaldo ke Juventus dan Zinedine Zidane mundur dari kursi pelatih.

Atas dasar itulah mengapa Real Madrid akan sangat sulit mempertahankan gelar Juara Liga Champions. Jiwa kepemimpinan dan daya magis CR7 sebagai seorang pembunuh di garis depan, dirasa sangat sulit digantikan oleh pemain lain. Sedangkan kepergian Zidane dirasa akan merubah sedikit permainan Madrid, yang sekarang diarsiteki oleh Julen Lopetegui yang masih minim pengalaman di pentas Eropa.

Ketika transisi Madrid tidak berjalan lancar, maka Barca siap untuk menggeser posisi mereka sebagai juara bertahan Liga Champions. Dan Barca dianggap sebagai tim yang paling unggul dalam berbagai sisi, termasuk komposisi pemain yang diisi oleh pemain-pemain bintang kelas dunia.