30 Pemain Kandidat Peraih Ballon d’Or 2017

Jumlah 30 pemain calon pemenang titel Ballon d’Or 2017 sudah selesai diumumkan. Apakah pemain idola Anda terdaftar dalam nominasi tersebut?

Daftar nama yang isi sampai 30 pemain itu diumumkan secara bertahap oleh France Football yang selenggarakan kompetisi anugrah ini. Tiap tahapnya ada 5 nama pemain yang diumumkan, sampai di totalkan ada 6 tahap.

Pemain bintang anyar Paris Saint-Germain, Neymar, masuk dalam daftar nama yang pertama kali diumumkan bersama pemain penyerang Juventus Paulo Dybala. Di tahap kedua, ada Luis Suarez dan Philippe Coutinho di antara lima nama yang disebutkan.

Pada tahap ketiga, ada nama Robert Lewandowski, Harry Kane, serta Kevin de Bruyne. Disusul Antoine Griezmann dan Gianluigi Buffon yang masuk dalam 5 nama pemain di tahap 4.

Pemain bintang Barcelona Lionel Messi diumumkan pada tahap kelima, bersama dengan nama Karim Benzema. Di 5 nama terakhir, ada Cristiano Ronaldo, Eden Hazard, dan Leonardo Bonucci di dalamnya.

Ronaldo masih menjadi unggulan untuk anugrah Ballon d’Or tahun ini, usai menangkannya tahun kemarin. Pemain penyerang yang berasal dari Portugal tersebut telah membawa Real Madrid pertahankan titel Liga Champions pada musim lalu dan jadi top skorer, dan juga raih Liga Spanyol usai 5 musim.

Messi diprediksi bakal terus menjadi rival utamanya, yang musim kemarin sukses menjadi top skorer Liga Spanyol dengan catatkan 37 cetak angka. Jumlah tersebut 12 angka lebih banyak dari Ronaldo. Messi pun membawa Barcelona raih Copa del Rey.

La Liga pribadi telah kirimkan wakil paling banyak, yaitu 11 pemain disusul dengan Premier League (7), Serie A (5), Ligue 1 (4), dan Bundesliga (3). Madrid jadi tim paling banyak yang terdaftar yaitu 7 pemain, mereka adalah Ronaldo, Luka Modri, Marcelo, Sergio Ramos, Toni Kroos, Benzema, dan Isco.

Sedangkan dari sisi negara, Prancis amat banyak terpilih sebagai calon pemenang anugrah tahun ini yaitu 4 pemain. Belgia, Brasil, Spanyol masing-masing miliki 3 wakil.

Nominasi Ballon d’Or 2017

Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund), Karim Benzema (Real Madrid), Leonardo Bonucci (AC Milan), Gianluigi Buffon (Juventus), Edinson Cavani (PSG), Philippe Coutinho (Liverpool), Kevin De Bruyne (Manchester City), David De Gea (Manchester United), Paulo Dybala (Juventus), Edin Dzeko (Roma), Radamel Falcao (Monaco), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Eden Hazard (Chelsea), Mats Hummels (Bayern Munich), Isco (Real Madrid), Harry Kane (Tottenham), N’Golo Kante (Chelsea), Toni Kroos (Real Madrid), Robert Lewandowski (Bayern Munich), Sadio Mane (Liverpool), Marcelo (Real Madrid), Kylian Mbappe (PSG), Dries Mertens (Napoli), Lionel Messi (Barcelona), Luka Modric (Real Madrid), Jan Oblak (Atletico Madrid), Neymar (PSG), Sergio Ramos (Real Madrid), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Luis Suarez (Barcelona)