4 Alasan Arsenal Bisa Masuk 4 Besar EPL

Banyak yang menganggap bahwa Arsenal takkan mampu meraih gelar juara Premier League musim depan, namun tak sedikit yang masih mengharapkan keajaiban itu terjadi. Apalagi doa para penggemarnya yang menginginkan perubahan dengan pergantian manajer telah terwujud. Namun diketahui setidaknya ada empat alasan mengapa Arsenal bisa masuk empat besar di musim depan, dan mendapatkan tiket Liga Champions lagi, dan inilah dia.

4 Manajer baru taktik baru

Arsenal berhasil mengubah kejenuhan mereka dimana dalam 22 tahun klub mereka diasuh oleh Arsene Wenger, mereka hanya The Gunners hanya mampu membawa tiga piala Premier League, tujuh FA Cup, dan dan tuju FA Community Shield. Namun hal itu kurang berkesan ditambah, ia meninggalkan klub dalam situasi genting dimana Arsenal berada di luar empat besar dalam musim terakhir mereka. Dan akhirnya ia lengser di musim lalu, dan kini digantikan oleh Unai Emery.

Unai Emery mengantikan Arsene Wenger di Arsenal

Unai Emery mengantikan Arsene Wenger di Arsenal

Emery mampu perkasa bersama PSG di kampanye terakhirnya di Prancis dengan meraih empat piala. Ia pun merevitalisasi timnya dengan beberapa pemain baru untuk menambal kelemahan Arsenal dimusim lalu, yaitu pertahanan. Terlihat perekrutan Stephan Lichtsteiner, Bernd Leno, Sokratis Papastathopoulos dan Lucas Torreira cukup menjanjikan untuk mencegah mereka keluar dari empat besar.

Terlihat di lima pertandingan pra musim mereka, pertandingan persahabatan, mereka hanya kalah sekali tanpa laga imbang. Bahkan dalam kompetisi ICC, ia membawa Arsenal menaklukkan mantan timnya PSG dengan skor 5-1. Meskipun demikian, para penggemar masih belum puas jika ia belum membawa timnya meraih piala Premier League menuju Emirates Stadium, yang diinginkan mereka sejak bertahun-tahun. Namun yang jelas, dengan kedatangan Emery, Arsenal mengalami perubahan yang positif.

Perekrutan Arsenal di musim panas 2018-19 di bawah asuhan Unai Emery

Perekrutan Arsenal di musim panas 2018-19 di bawah asuhan Unai Emery

3. Akuisisi baru di lini belakang

Seperti yang diungkapkan sebelumnya bahwa kelemahan pertahanan Arsenal di bawah asuhan Wenger terdokumentasikan dengan baik. Memang mereka masih memiliki bek kelas dunia seperti Shkodran Mustafi dan Laurent Koscielny di belakang namun masih gagal menjaga gawang mereka untuk kebobolan, diluar cedera yang berulang.

Tak ada masalah dengan lini depan mereka dimana musim lalu mereka mencetak gol terbanyak diluar klub yang berada di empat besar klasemen, namun karena mereka berada diurutan keenam karena menelan banyak gol. Dan dengan didatangkan bek tengah Sokratis dan bek kanan Lichtsteiner, diprediksi akan membawa ketenangan di belakang yang hilang selama bertahun-tahun belakangan ditambah Bernd Leno sebagai penghenti bola lawan. Bahkan mereka bisa masuk empat besar.

2. Revitalisasi lini tengah

Salah satu alasan ketakberdayaan Arsenal adalah lambatnya lini mereka yang juga menjadi masalah Arsenal dan menambah beban bek semakin besar.  Wenger menanganinya dengan Granit Xhaka, namun pemain asal Swiss itu bukanlah gelandang bertahan alami dan tidak dapat memenuhi tuntutan klub di posisi itu. Tentu lawan akan mudah ke area pertahanan mereka dan The Gunners berjuang setiap kali mereka melakukannya.

Emery dengan cepat mengatasi masalah ini dengan penandatanganan Lucas Torreira. Tugas utamanya adalah memberikan perlindungan untuk lini belakang dan memuluskan transisi antara lini pertahanan dan pemain penyerang. Torreira juga dikenal dengan gaya permainannya yang agresif, dan akan sangat cocok dengan tim Arsenal saat ini.

Selain Torreira, Emery telah mengontrak gelandang bertahan muda lainnya, Matteo Guendouzi dari Lorient, sebagai pemain cadangan namun telah tampil mengesankan di pertandingan pra-musim. Jadi, cukup aman untuk mengatakan ini adalah pertama kalinya dalam beberapa tahun belakangan , lini tengah Arsenal terlihat solid dan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk membawa mereka berlari di empat besar di papan klasemen Premier League.

1. Pemain cukup istirahat

Alex Iwobi Mesut Ozil dan Mohamed Elneny bisa berlatih lebih awal dibawah asuhan Unai Emery

Alex Iwobi Mesut Ozil dan Mohamed Elneny bisa berlatih lebih awal dibawah asuhan Unai Emery

Selama bertahun-tahun, Arsenal selalu sibuk dengan berbagai kompetisi baik tingkat domestik maupun internasional. Namun, tahun ini, banyak pemainnya yang tak dilibatkan di kompetisi seperti Piala Dunia 2018 kemarin. Jika ada, mereka pulang lebih awal seperti Alex Iwobi, Mesut Ozil, dan Mohamed Elneny. Ini berarti mereka memiliki istirahat yang cukup siap untuk bertanding.

Walaupun Torreira, Xhaka, dan Lichtsteiner agak lebih lama bermain di Piala Dunia kemarin, namun seharusnya tidak menjadi masalah mengingat Emery memiliki sebagian besar pemain pilihan pertamanya yang tersedia untuk pra-musim.

Ini kebalikan dari para pemain dari klub besar yang dilibatkan tim nasionalnya dalam kompetisi tersebut yang menyebabkan kelelahan dan beberapa dari mereka mengalami cedera, seperti tim Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur dan Chelsea. Emery tidak memiliki masalah yang perlu dikhawatirkan. Mengingat bahwa bos baru memiliki lebih banyak waktu dengan skuadnya musim panas ini. Dan Arsenal berada dalam posisi yang baik untuk membuat awal yang kuat untuk musim ini.

Demikianlah empat alasan mengapa Arsenal bisa masuk empat besar di musim depan. Mungkin mereka belum bisa meraih gelar juara Premier League, namun meraih tiket tiket di Liga Champions akan memperkuat moralitas mereka dan dukungan dari penggemarnya.