5 Alasan Barcelona Dapat Memenangkan Treble Musim Ini

Bursa transfer musim panas 2018 kali ini cukup sibuk bagi Barcelona dimana mereka telah berhasil merekrut empat pemain baru yaitu Arthur Melo, Clement Lenglet, Malcom dan Arturo Vidal. Dan sepertinya pilihan Ernesto Valverde cukup tepat dan kuat untuk memenangkan semua kompetisi di musim depan. Setidaknya ada lima alasan mengapa Barcelona dapat memenangkan treble di musim ini.

1. Real Madrid cenderung tidak sekuat dulu

Persaingan Barcelona dengan Madrid cukup ketat, namun dengan kepergian striker andalan emreka yaitu Cristiano Ronaldo di musim panas ini, diyakini kekuatan mereka telah hilang selama hampir satu dekade terakhir. Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran Ronaldo sangat berperan membawa Madrid di masa kejayaan, meraih empat piala Liga Champions dan dua piala La Liga.

Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane telah meninggalkan Real Madrid

Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane telah meninggalkan Real Madrid

Apalagi dengan kepergiannya pelatihnya Zinedine Zidane meninggalkan Santiago Bernabeu yang membawa timnya sukses dalam hampir tiga tahun terakhir, yang membuat Los Blancos semakin perkasa. Tentu banyak yang berharap mereka sibuk beradaptasi dengan strategi baru dari penggantinya yaitu Julen Lopetegui.

Absennya Real Madrid dalam membawa pemain pengganti Ronaldo juga belum diketahui. Mereka memang telah merekrut pemain baru namun hanya Vinícius Júnior yang memiliki tempat di lini depan, sayang usianya masih muda dan belum banyak pengalaman. Tentu akan sulit Madrid melalui musim ini dengan sistem coba-coba.

2. Barcelona memiliki lini belakang yang kuat

Barcelona memang tak memiliki kendala di musim lalu, bahkan tampil perkasa di La Liga. Namun jika ada satu masalah besar yang dihadapi Ernesto Valverde, hal itu adalah mencari pemain berkualitas untuk dirotasi. Pasalnya Ia tidak memiliki banyak pilihan dari bangku cadangan untuk membantu perjuangannya, namun dia telah bekerja memikirkannya sejak saat itu.

Salah satunya adalah Lenglet dari Sevilla. Pemain Prancis berusia 23 tahun itu merupakan bek yang fantastis dimana ia bermain sebagai bek tengah dan telah melakukan pekerjaan yang mengesankan di Sevilla. Dengan keberadaannya dan Thomas Vermaelen di bangku cadangan, Valverde memiliki beberapa opsi bagus untuk membantu pertahanannya dengan rotasi pemain. Belum lagi Nelson Semedo dan Sergi Roberto bisa bertukar tempat di posisi bek kanan saat dibutuhkan. Ini akan menyediakan pemain segar kapan saja dibutuhkan sang pelatih.

Jordi Alba telah melakukan pekerjaannya secara konsisten dengan baik di sebelah kiri dan ia juga dapat digantikan oleh Vermaelen dan bahkan Lenglet dalam kasus itu jika sangat dibutuhkan. Namun yang jelas duet di pertahanan sentral mereka yaitu Gerard Pique dan Samuel Umtiti, akan menjadi kekuatan terbesar mereka. Marc-Andre ter Stegen, juga, sangat mengesankan dibawah mistar gawang, dan distribusi bolanya juga cukup memuaskan dari lini belakang belakang.

3. Musim penuh pertama Philippe Coutinho

Banyak yang mengharapkan Coutinho akan segera bersinar untuk Barcelona namun hal itu tidak terjadi hingga akhir musim lalu. Hal ini dapat dimengerti bahwa Coutinho tidak mendapatkan banyak waktu untuk mengekspresikan diri dan belum mampu beradaptasi banyak dengan para pemain di sekitarnya, Namun kini bisa dipastikan akan berbeda.

Philippe Coutinho akan menjadi suksesor dari Andres Iniesta di Barcelona

Philippe Coutinho akan menjadi suksesor dari Andres Iniesta di Barcelona

Andres Iniesta telah meninggalkan klub dan kini tanggung jawab di lini tengah akan berada di pundak Coutinho dalam hal transisi bola dan mengarahkan serangan timnya. Tentu saja, masih ada beberapa rekannya yang tak kalah berkualitas dengannya namun lagi-lagi kemampuannya mencetak gol memiliki keunggulan berbeda dengan mereka. Tercatat Coutinho berhasil mencetak 8 gol dan mendaftar 5 assist musim lalu. Apalagi dengan penampilannya yang memukau di Piala Dunia 2018 kemarin, bisa membantu Barcelona untuk menang aman lebih sering.

4. Lionel Messi mencari jalan untuk mendominasi

Dengan kepergian Ronaldo dari Madrid, maka perhatian di La Liga bisa dikuasai oleh Messi lagi. Memang dengan keberadaan Ronaldo secara tak langsung membawa kompetisi kompetitif dalam mencetak banyak gol atau pun Ballon d’Or, namun dengan keberadaannya ia sulit mendefinisikan kembali dominasinya yang di liga. Dan kini ia bisa menjadi raja di liga Spanyol.

Kepergian Cristiano Ronaldo akan menguntungkan Lionel Messi

Kepergian Cristiano Ronaldo akan menguntungkan Lionel Messi

Messi sendiri telah menyumbangkan 34 gol dan 12 assist dalam 32 pertandingan di La Liga musim lalu. Dan dengan tidak adanya Ronaldo ia akan mudah mencetak gol karena tak memiliki beban dalam pikirannya. Apalagi disekelilingnya terdapat pemain seperti, Ousmane Dembele, Luis Suarez, Malcom, dan Philippe Coutinho dimana ia tak hanya mencetak gol lebih banyak namun juga memberikan assist lebih banyak di semua kompetisi.

5. Bursa transfer yang produktif

Luis Enrique memiliki gaya permainan yang menyerang sementara Pep Guardiola dengan menggunakan gaya tiki taka, namun Valverde merupakan manajer yang berbeda. Gaya permainannya lebih seimbang dan tidak langsung menyerang. Tentunya membutuhkan pemain yang menyesuaikan gayanya dan beruntung Barcelona mendukungnya.

Arthur Melo, Clement Lenglet, Malcom dan Arturo Vidal

Arthur Melo, Clement Lenglet, Malcom dan Arturo Vidal

Tengok saja penandatanganan baru Malcom yang merupakan prospek bagus menyerang dan menjadi solusi jangka panjang mereka. Ousmane Dembele juga merupakan keputusan yang bagus juga ia bisa mengeluarkan performanya yang maksimal. ia memiliki beberapa pemain berkualitas dalam waktu dekat, termasuk para pemain dari akademi mereka.

Ia sendiri takkan menjamin Malcom dan  Dembele untuk menjadi starter namun mereka akan bermain secara eksplosif di lapangan. Mereka bisa berubah menjadi pemain pengganti yang menakjubkan yang siap dirotasi kapan saja. Dan hal ini akan bagus bagi Barcelona untuk memberikan kaki baru menjelang pertandingan usai.

Belum lagi penandatanganan terbaru Barcelona dari Bayern Munich yaitu Arturo Vidal dimana ia dikenal dengan kemampuannya yang tinggi, agresif, dan kemampuan box to box dengan stamina yang tinggi. Ia bisa sangat efektif untuk Barcelona di musim depan, apalagi dengan pengalamannya yang dikombinasikan dengan pemain seperti Sergio Busquets dan Ivan Rakitic.

Penandatanganan Arthur Melo juga menjadi pilihan yang sangat baik saat Valverde membutuhkan rotasi pemain, Sementara Lenglet juga mampu menstabilkan lini belakang Barcelona. Tentu kemungkinan besar ia akan berada di belakang Pique dan Umtiti namun pencegahan hal yang tidak diinginkan harus diantisipasi Barcelona juga untuk memenangkan semua gelar di semua kompetisi di musim depan.

Demikianlah lima alasan mengapa Barcelona dapat memenangkan treble di musim ini, tidak hanya liga domestik melainkan liga Internasional lainnya. Dan dengan berbagai pilihan yang dimiliki oleh Valverde, cukup mengherankan jika ia tak mampu melakukannya di luar faktor keberuntungan.