AFA Ingin Pep Guardiola Melatih Argentina

Setelah Argentina menelan kegagalan menuju babak perempat final Piala dunia 2018, banyak efek domino yang terjadi mulai dari masa depan Jorge Sampaoli yang suram hingga kemungkinan pemain bintang mereka yaitu Lionel Messi yang akan pensiun dalam waktu dekat. Namun ada beberapa cara untuk memperbaiki timnas mereka di masa yang akan datang dimana kabar terbaru mengungkapkan bahwa Argentina siap membuat penawaran untuk Pep Guardiola untuk mengasuh skuadnya.

Prancis vs Argentina

Argentina terpaksa bertekuk lutut saat menghadapi Prancis di babak 16 Besar dengan skor tipis 3-4. Tentu dengan penguasaan bola yang lebih baik, seharusnya mereka bisa menaklukkan Prancis namun tidak demikian. Mereka sempat unggul 2-1 di menit  ke 48, namun sayangnya dua puluh menit kemudian mereka menelan tiga gol, dimana dua gol disumbangkan oleh Kylian Mbappe dalam waktu empat menit. Argentina mampu memperkecil kekalahan saat Lionel Messi memberikan umpan kepada Sergio Aguero di injury time babak kedua. Sayangnya itu menjadi gol terakhir mereka di pertandingan ini, sehingga skor Prancis vs Argentina menjadi 4-3.

Argentina kalah saat menghadapi Prancis di perdelapan final Piala Dunia 2018 4-3

Argentina kalah saat menghadapi Prancis di perdelapan final Piala Dunia 2018 4-3

Efek Kekalahan Argentina

Mengingat performa skuad Argentina yang cukup mengecewakan, ada kemungkinan bahwa masa depan Jorge Sampaoli tak akan lama lagi di kursi kepelatihan mereka. Pasalnya bukan hanya laga menghadapi Prancis saja, namun saat menjalani babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, dan juga saat babak penyisihan grup mereka tak mampu menunjukkan taringnya, yang seharusnya cukup tajam. Namun siapakah yang akan menjadi pelatih berikutnya?

Pelatih Argentina Selanjutnya

Beberapa legenda mereka sempat menawarkan jasanya untuk melatih timnas Argentina, seperti Diego Maradona dan Mario Kempes, bahkan Maradona sempat menawarkannya secara gratis. Namun walaupun keduanya menjadi pemain bintang di waktu lampau, mereka tak menjadi bintang saat menjadi pelatih, di klub yang pernah diasuhnya. Karena itu AFA diketahui sedang mencari pelatih yang lebih berkompeten yang memiliki pengalaman dan kemampuan yang teruji, dimana ia telah memperoleh berbagai piala saat melatih klub. Salah satunya adalah Pep Guardiola.

Jorge Sampaoli saat membawa Argentina kalah saat menghadapi Prancis di perdelapan final Piala Dunia 2018 4-3

Jorge Sampaoli saat membawa Argentina kalah saat menghadapi Prancis di perdelapan final Piala Dunia 2018 4-3

Profile Pep Guardila

Guardiola merupakan pemain jebolan Barcelona, dan menjadi Bintang selama lebih dari satu dekade. Ia pun sempat beralih menuju klub lainnya seperi Brescia, Roma dan Al Ahli sebelum mengakhiri karirnya di Dorados, namun di klub tersebut, ia hanya menjadi penggembira semata. Ia juga sempat dilibatkan di timnas bersama Spanyol di awal 1990 selama lebih sepuluh tahun walaupun belum mendapatkan penghargaan di kompetisi Internasional itu.

Pria kelahiran 1971 itu melanjutkan karir sepak bolanya dengan menjadi pelatih di tim cadangan Barcelona pada tahun 2007 dan dipromosikan untuk melatih tim utama mereka setahun kemudian. Selama empat tahun mengelola Barca, ia meraih tiga pia aLa Liga, dan Supercopa de Espana, sepasang piala Copa del Rey, UEFA Supercup, FIFA Club Wold Cup dan juga sepasang Piala Liga Champions.

Saat membela Bayern Munich munich dari musim panas 2013, ia meraih tiga piala Bundesliga dalam tiga tahun keberadaannya di Jerman, sepasang piala DFB Pokal, dan sebuah piala UEFA Supercup dan FIFA Club World Cup. Dan kini saat mengasuh Manchester City, ia meraih gelar juara Premier League dan EFL Cup. Ia juga memiliki segudang penghargaan saat bermain bersama Barcelona dan penghargaan individu lainnya.

Argentina Inginkan Pep Guardiola

Argentina Ingin Pep Guardiola gantikan posisi Jorge Sampaoli

Tentu dengan performanya dan hasil yang telah dibuktikannya selama ini, tak mengherankan Argentina mendekati pelatih berusia 47 tahun itu, walaupun cukup mengejutkan banyak pihak. Bahkan diketahui mereka menawarkan kesepakatan 12 juta dolar per tahun, demi meningkatkan performa tim mereka.

Hal tersebut diungkapkan oleh media AS, yang juga mengungkapkan bahwa gaji Guardiola tersebut akan akan dibayar setengahnya oleh AFA dan sisanya akan dibayar oleh Torneos, sebuah perusahaan komunikasi olahraga Argentina yang saat ini memiliki hak televisi dari tim nasional. Tentu hal tersebut cukup besar setidaknya tak jauh berbeda dengan yang ditawarkan oleh rata-rata klub. Selain itu ia tak perlu sakit kepala memikirkan strategi setiap minggunya.

Media AS juga sempat mengungkapkan bahwa Guardiola sempat mengatakan kepada striker bintangnya di Manchester City yang berdarah Argentina yaitu Sergio Aguero, melalui percakapan telepon bahwa dia akan tertarik dengan kesempatan melatih Albiceleste. Hal ini bisa membuat keinginan Lionel Messi menundurkan diri dari timnas Argentina, menjadi luntur.

Namun hal ini masih menuai perdebatan seandainya Pep Guardiola akan melatih timnas Argentina dan menjadi pengganti Jorge Sampaoli dalam waktu dekat, padahalnya ia baru saja memperbarui kontrak dengan Manchester City hingga 2021, sehingga tampaknya tidak mungkin dia akan meninggalkan juara Premier League yang baru dihasilkannya. Tentu klub Inggris tersebut juga ingin mempertahankannya selama mungkin. Akan menarik melihat masa depan Pep Guardiola kedepannya.