Alasan Ronaldo Tetap Menjadi Top Skorer di Liga Champions

Banyak yang tidak percaya bahwa Cristiano Ronaldo akan memiliki musim buruk untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir. Apalagi setelah ia memutuskan untuk mengakhiri karirnya di luar Real Madrid, klub yang membawanya meraih empat penghargaan Ballon d’Or. Namun boleh percaya atau tidak, ia masih memiliki kemampuannya menjadi mesin gol walaupun usianya telah menyentuh 33 tahun. Dan inilah tiga alasan mengapa Ronaldo tetap menjadi top skorer di Liga Champions.

1. Ronaldo adalah pencetak gol yang terbukti

Walaupun ada pihak yang tak menyukainya, namun bisa dipastikan ada dari mereka yang meragukan kemampuannya dalam mencetak gol hingga kini. Memang ia mengawali kesulitan di musim perdananya namun ini adalah hal yang wajar dimana ia membutuhkan adaptasi mengenal lingkungan, bahasa, rekan sesama pemain, bahkan gaya bermain di Italia yang berbeda dengan Spanyol.

Namun hal itu tidak mengubah fakta bahwa pemain asal Portugal itu merupakan pencetak gol yang terbukti dan telah konsisten selama bertahun-tahun, baik dalam kompetisi domestik maupun Internasional. Ia selalu mencetak gol lebih dari 25 kali disetiap musim saat bersama Real Madrid di La Liga. Sementara dirinya juga tak pernah kurang menyumbangkan 40 gol untuk timnya kecuali musim perdananya dengan 33 gol.

Cristiano Ronaldo menjadi top skorer Liga Champions dalam enam tahun terakhir

Cristiano Ronaldo menjadi top skorer Liga Champions dalam enam tahun terakhir

Sebelumnya saat masih muda, ia juga mampu menjadi pencetak gol handal saat bersama Manchester United terutama tiga tahun sebelum ia diboyong ke Spanyol. Dan dengan pengalamannya sat ini ia pun bisa menduplikasikan kemampuannya di Italia. Ini tidak berlaku di kompetisi domestik saja loh.

2. Liga Champions adalah kompetisi favoritnya

Bagaimana tidak, hingga saat ini ia adalah salah satu pemain yang paling banyak dilibatkan di Liga Champions, setelah Iker Casilas. Selain itu ia juga mampu memanfaatkan keberadaannya di panggung Eropa dengan menyarangkan 120 gol. Bahkan dalam enam tahun terakhir, ia selalu menjadi top skorer di kompetisi ini

Tidak ada keraguan bahwa Liga Champions UEFA tetap menjadi kompetisi favorit Cristiano Ronaldo. Pemain berusia 33 tahun itu saat ini adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam kompetisi dengan 120 gol yang mengejutkan.

daftar Top Skorer Champions League 2012-18

daftar Top Skorer Champions League 2012-18

Sejak musim 2011/12, Ronaldo tidak pernah mencatat jumlah gol di bawah sepuluh gol di Liga Champions, dan ini adalah angka yang tak tertandingi oleh pemain lain di Eropa. Padahal usianya yang mendekati masa pensiun, tak menunjukan keahliannya yang mulai berkurang secara signifikan. Dan bisa dipastikan dengan kompetisi yang telah menorehkan banyak penghargaan, Ronaldo akan terus melanjutkan semangatnya yang mungkin ini kesempatan terakhir untuknya meraih piala tersebut.

3. Juventus memiliki pengundian yang menguntungkan

Dalam pengundian Liga Champions kali ini Juventus diuntungkan karena mereka satu grup dengan Manchester United, Valencia dan Young Boys. Memang tak ada lawan yang mudah di Liga Champions, namun menghadapi United yang sedang gundah menata diri, Valencia dan Young Boys yang belum memiliki catatan baik di kompetisi domestik dan Internasional, peluang mereka lolos dari babak penyisihan grup ini cukup besar.

Babak Penyisihan Liga Champions Grup H dengan jadwal waktu setempat

Babak Penyisihan Liga Champions Grup H dengan jadwal waktu setempat

Ronaldo pun berkesempatan besar untuk mencetak gol sebanyak banyaknya dengan lawan yang dengan rentan gol. Ia akan senang menghadapi klub dengan kondisi pertahanan yang tak stabil, termasuk Manchester United dan peluangnya mencetak angka akan lebih besar. Apalagi hal ini sebagai pembuktian diri karena ia mengawali musim dengan tersendat dalam mencetak gol.

Demikianlah tiga alasan mengapa Ronaldo tetap menjadi top skorer di Liga Champions. Bagaimana menurut Anda?