Argentina Langsungkan Laga Penentu, Konser U2 Diundur

Pertandingan penentuan nasib bagi Argentina di kualifikasi ajang Piala Dunia 2018 ikut memberi efek pada konser U2. Jadwal manggung band yang berasal dari Irlandia tersebut ditunda sebentar supaya para penonton konser dapat lebih awal melihat tim nasionalnya melangsungkan laga.

U2 dijadwalkan bakal melangsungkan laga pada hari Selasa (10/10/2017) di Estadio Unico de la Plata, La Plata, Provinsi Buenos Aires, Argentina. Pada hari yang serupa pula, tim nasional Argentina bertandang ke Ekuador pada pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018.

Argentina kemungkinan tak lolos ke putaran final Piala Dunia sebab sekarang ini berada di urutan 6 di klasemen sementara. Sedangkan hanya ada 4 tim terbaik Amerika Latin yang berhasil lolos langsung ke Rusia, lalu tim yang menempati urutan 5 bakal langsungkan laga play-off.

Kalau dapat menangkan laga atas Ekuador, Argentina paling tidak bakal finis di urutan 5 dan bermain di playoff. Mereka malah mungkin bisa langsung lolos kalau pertandingan Peru vs Kolombia berakhir dengan skor imbang. Namun, kalau sampai kalah dari Ekuador, Argentina bisa saja hanya menjadi penonton di Piala Dunia.

Memikirkan pentingnya pertandingan itu, konser U2 di Argentina juga jadi terkena imbas. Band High Flying Birds yang dimotori Noel Gallagher akan terus jadi band pembuka dan bermain sesuai jadwal. Tetapi, usai mereka turun panggung, U2 yang menjadi bintang utama tidak akan langsung bermain.

Para penonton konser diberi peluang untuk saksikan tim nasional mereka melangsungkan laga lewat layar-layar besar yang tersedia di lokasi konser. Usai pertandingan berakhir, barulah U2 naik ke panggung.

“Saya memberi usul kalau usai Noel Gallagher, yang turun panggung pada jam 7, kami bakal siarkan laga Argentina dan selanjutnya U2 main,” kata perwakilan penyelenggara konser, Daniel Grinbank.

“Kami sudah pasang 4 layar, satu di masing-masing sudut area konser, dan seperti itulah,” imbuh dia.