Arsenal Tetap Gunakan Peter Cech Daripada Bernd Leno?

Arsenal telah berhasil memboyong penjaga gawang andalan Bayer Leverkusen, Bernd Leno, tepat satu bulan yang lalu. Tentu dengan segala perhitungan dan melihat potensinya, banyak yang percaya bahwa Arsenal akan memiliki pertahanan yang lebih baik dibandingkan musim sebelumnya, jika mereka menurunkannya. Namun menurut legenda The Gunners, Ray Parlour, percaya bahwa Petr Cech akan tetap menjadi pemain No.1 di musim depan, bukan Leno.

Profile Bernd Leno

Pemain asal Jerman tersebut merupakan pemain jebolan dari akademi VfB Stuttgart yang di promosikan menuju tim cadangan klubnya, pada tahun 2009 lalu. Namun walaupun ia tampil memukau di musim penuh pertamanya, ia belum pernah dimainkan di tim utama klubnya karena rivalnya Bayer Leverkusen ingin mencicipinya selama setengah musim, pada bulan Agustus 2011

Bernd Leno menyelamatkan gawang Bayer Leverkusen saat menghadapi Villarreal di Liga Eropa

Bernd Leno menyelamatkan gawang Bayer Leverkusen saat menghadapi Villarreal di Liga Eropa

Ia pun mengawali aksi debutnya dengan mencatatkan cleen sheet, saat menghadapi Werder Bremen, bahkan ia menjadi kiper ketiga yang tak pernah kebobolan dalam tiga pertandingan pertamanya di Bundesliga. Ia pun sempat dimainkan di Liga Champions 2011-12 pada pertengahan September 2011 menghadapi Chelsea, dan menjadi kiper termuda asal Jerman yang bermain di turnamen tersebut.

Pada akhir November tahun yang sama, Leno dipermanenkan oleh Leverkusen dan menyemen tempatnya di bawah mistar gawang klub barunya. Tercatat hingga kini ia tampil sebanyak lebih dari 300 pertandingan kompetitif bersama Leverkusen sebelum ia beralih menuju Arsenal, pada tanggal 19 Juni kemarin. Saat itu ia ditebus dengan nilai, lebih dari 20 juta poundsterling dengan kontrak selama lima tahun.

Bernd Leno di Arsenal

Dengan kehadiran Leno, diketahui ada ada pembicaraan tentang kiper veteran mereka yaitu Petr Cech untuk meninggalkan Emirates Stadium di musim panas ini. Namun legenda Arsenal, Ray Parlour, meyakini bahwa pelatih baru The Gunners yaitu Unai Emery tak akan akan bergantung padanya dan menjadikannya back-up untuk Cech saja. Ia sendiri percaya bahwa Cech yang telah berusia 36 tahun itu untuk akan meneruskan tongkat estafetyna ke Leno suatu hari nanti, namun tidak musim depan.

Ray Parlour angkat bicara tentang kiper baru Arsenal Bernd Leno

Ray Parlour angkat bicara tentang kiper baru Arsenal Bernd Leno

Ia sempat mengungkapkannya kepada media Bwin dan mengatakan, “Saya sangat senang dengan penandatanganan Bernd Leno, meskipun saya pikir Petr Cech akan tetap menjadi kiper pilihan pertama. Leno adalah penjaga gawang muda dengan potensi besar dan akan berusaha memberikan tekanan sebanyak mungkin kepada Cech.”.

Ia menambahkan, “Kiper adalah posisi yang vital dan Arsenal membutuhkan penjaga gawang yang fantastis untuk menjadi sukses. Jadi kita perlu berharap Cech dapat mewariskan obor ke Leno untuk tahun-tahun mendatang. ”

Efek kedatangan Bernd Leno di Arsenal

Mantan gelandang Gunners itu juga meyakini bahwa Ia tidak akan melihat Cech beralih menuju klub lain, namun ia juga takkan terkejut jika kiper pilihan ketiga mereka, yaitu David Ospina, akan   meninggalkan Emirates stadium untuk mencari menit bermain lebih di musim depan.

“Cech tidak akan mencari untuk meninggalkan musim panas ini dan Arsenal akan mengandalkan dia menjadi No.1.”, katanya. “Saya pikir Ospina akan meninggalkan klub di musim panas ini, dibandingkan Cech.”

Petr Cech bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2015 lalu dari Chelsea, dengan tebusan sebesar 10 juta poundsterling hingga empat tahun kedepan. Ia telah membuat 117 penampilan untuk Arsenal di semua kompetisi dan membantu The Gunners memenangkan Piala FA 2016/17, dan sepasang piala Community Shields.

Bernd Leno akan dimainkan oleh Arsenal di musim ini atau Petr Cech

Bernd Leno akan dimainkan oleh Arsenal di musim ini atau Petr Cech

Akan menarik untuk melihat Unai Emery meluncurkan strateginya di musim depan. Apakah ia akan menjadikan Petr Cech sebagi pemain No.1 timnya di musim depan, dan bukan Bernd Leno seperti yang diungkapkan oleh legenda The Gunners, Ray Parlour atau sebaliknya? Namun yang jelas, Ia bukanlah salah satu perekrutan yang disesalkan Arsene Wenger saat masih mengasuh Arsenal.