Barcelona Berhasil Merekrut Arturo Vidal 

Arturo Vidal sepertinya bukan termasuk dari pemain bintang yang menolak untuk masuk Barcelona, karena pada hari Jumat kemarin ia telah berganti seragam menjadi pemain Barcelona. Hal ini diungkapkan oleh situs resmi dari raksasa Spanyol tersebut, membuat gelandang Bayern Munich menjadi penandatanganan ke empat mereka di musim panas ini setelah Arthur Melo, Clément Lenglet, dan Malcom. Tentu dengan Barcelona berhasil merekrut Arturo Vidal, maka akan memiliki efek domino dan inlah beberapa diantaranya.

Profile Arturo Vidal

Pemain asal Chili ini, mengasah dirinya di akademi SCD Colo-Colo, dan pada tahun 2005 lalu, ia di promosikan ke tim utama, yang bermain di Primera Division Chile. Ia pun perlahan mendapatkan menit bermain secara rutin dan penampilannya memukau saat bermain di Piala Dunia U-20, membuat direktur sepak bola Bayer Leverkusen, Rudi Voller, tertarik untuk merekrutnya. Ia pun akhirnya ditebus dengan nilai 11 juta dolar Amerika, dan menjadi pemain termahal Chili saat itu.

Walaupun ia sempat melewatkan pertandingan awal musim karena cedera, namun ia akhirnya mampu menjadi salah satu pemain penting di klub barunya. Sayang saat itu ia tak mendapatkan piala apapun selama empat tahun di Jerman. Namun setelah melewati musim 2010-11 dengan baik, Vidal diboyong oleh beberapa klub, Bayern Munich, namun ia memilih Juventus dengan tebusan 10, 5 juta poundsterling selama lima tahun.

Arturo Vidal saat masih bermain bersama Juventus

Arturo Vidal saat masih bermain bersama Juventus

Bersama klub barunya, ia mampu mengamankan tempatnya sendiri dan rutin dimainkan di banyak kesempatan. Ia pun mulai banyak mencetak gol dan membawa raksasa Italia memenangkan gelar Serie A setiap tahunnya, sebuah piala Coppa Italia dan sepasang  Supercoppa Italiana.

Pada musim panas 2015 Vidal kembali ke Jerman. Kali ini ia  bergabung bersama Bayern Munich setelah ditebus dengan nilai 37 juta euro. dengan kontrak selama empat tahun. Ia pun melanjutkan performanya dengan konsisten, membantu timnya meraih gelar Bundesliga setiap musimnya ditambah sepasang DFL Supercup dan sebuah DFB Pokal. Dan kini ia beralih menuju Spanyol, membela Barcelona

Arturo Vidal saat masih bermain bersama Bayern Munich

Arturo Vidal saat masih bermain bersama Bayern Munich

Ernesto Valverde dan Arturo Vidal

Ernesto Valverde selaku pelatih Barca, mengharapkan bahwa pemain yang ditebus 18 juta euri itu dapat melengkapi pemain timnya yang kurang agresif di posisi tengah dan mengatakan, “Ia merupakan pemain yang kami harap akan membawa energi ke lini tengah,”.

“Ia memiliki banyak pengalaman dan telah memainkan banyak pertandingan di semua tim yang pernah dia hadapi. Ia terbiasa bermain di pertandingan besar dan memiliki banyak kehadiran di lapangan dan saya pikir itu akan sangat baik bagi kami.”.

Arturo VIdal Bayern Munich beralin menuju Barcelona

Arturo VIdal Bayern Munich beralin menuju Barcelona

Sementara disisi lain, banyak pihak yang meilihat bahwa Vidal akan menjadi perbaikan dari Paulinho, yang telah kembali ke Guangzhou Evergrande setelah satu musim membela Barcelona. Valverde mengatakan,

“Seperti Paulinho, Ia adalah pemain yang sedikit berbeda dari yang kami miliki dan kami pikir dia akan dapat beradaptasi dengan baik. Ia seorang pejuang. Tim kami memiliki ruang untuk berbagai jenis pemain. “.

“Tahun lalu ada sedikit kontroversi ketika Paulinho datang, dan bahkan sebelum dia bermain satu menit. Kemudian orang-orang melihat bahwa dia bekerja dengan sangat baik.”.

Saat sang pelatih ditanya tentang aktivitas transfer potensial Barca yang lain, Ia mengatakan: “Kami berusaha memperkaya tim kami. “.

“Kami adalah FC Barcelona dan, seperti klub lain, kami terbuka untuk meningkatkan tim kami. Kami tidak tahu apa yang mungkin terjadi sebelum akhir jendela transfer.”.

Efek Domino Perekrutan Arturo Vidal

Dengan hadirnya Vidal, bisa dipastikan akan membuat pemain gelandang lainnya, terutama Rafinha, akan semakin tidak pasti di Camp Nou. Padahal pada Januari kemarin saja ia telah dilempar menuju Inter Milan dengan status Pinjaman. Valverde sendiri juga mengakui bahwa dirinya enggan untuk menjamin pemain asal Brasil itu di skuad Barca selama musim depan, walaupun ia masih harus melihat performanya lebih dulu.

Ia mengatakan, “Rafinha sedang melakukan pramusim yang baik dan kita akan melihat apa yang terjadi pada akhirnya,”.

“Namun saat ini dia ada di tim kami dan tahun lalu dia tidak bisa berpartisipasi banyak dan saya tidak melihatnya sampai Januari kemarin.”.

Diketahui Barcelona yang telah berhasil merekrut Arturo Vidal, masih akan terus merekrut beberapa pemain baru untuk memperkuat mereka di musim depan sebelum bursa transfer berakhir. Namun untuk melihat siapakah yang akan mereka rekrut lagi atau yang akan keluar dari Camp Nou, update terus disini.