Baru Pulang Ke Barca, Deulofeu Sudah Akan Pindah Klub Lagi?

Gerard DeulofeuBermain sepakbola untuk klub sekelas Barcelona adalah sebuah kebanggaan untuk sebagian besar pemain sepakbola, termasuk juga Gerard Deulofeu. Ia mengawali kariernya sebagai pemain sepakbola di akademi Barcelona, La Masia, hingga akhirnya memperoleh kesempatan tampil bersama tim senior pada 2013 silam. Tapi Barca sesungguhnya bukanlah klub yang ramah untuknya.

Musim panas 2017 ini Gerard Deulofeu dipulangkan Barcelona setelah melakukan perjalanan panjang bergabung dengan klub-klub di Spanyol, Inggris, sampai Italia. Ia kembali ke Barca setelah klub Catalan tersebut mengaktifkan opsi pembelian kembali yang tercantum di dalam kontrak Deulofeu di Everton.

Deulofeu menyatakan bahagia atas kepulangannya ini karena dia merasa jika Barcelona sudah seperti rumahnya sendiri. “Saya sangat bahagia dengan kepulangan saya ke Barcelona. Di sana lah rumah saya dan sangat disayangkan saya baru bisa kembali sekarang,” ucap Gerard Deulofeu dalam perkenalan sebagai pemain Barca.

Ironisnya, kepulangan Deulofeu tidak banyak mengundang sambutan hangat seperti kebanyakan pemain bintang lainnya. Pendukung Barca tampaknya masih ragu dengan kualitas Deulofeu bahwa dia mampu bersaing—saat kembali Neymar masih berada di Barca—dengan pemain seperti Lionel Messi dan Luis Suarez untuk mengisi barisan penyerangan.

Sebelumnya, Deulofeu sudah pernah gagal membuktikan dirinya di Barca. Sebelum diberi kesempatan bermain di tim utama, Deulofeu sering disebut-sebut sebagai penerus Messi. Penilaian tersebut bermula karena Deulofeu memang punya kecepatan seperti. Selain itu, Deulofeu juga punya kemampuan menggiring bola yang baik walaupun belum sehebat Messi.

Perbandingan tersebut justru membuat Deulofeu merasa terbebani. Dia sangat tidak suka dengan perbandingan itu karena hanya akan membebani mentalnya dalam mengembangkan bakatnya di Barca. Dan baru-baru ini, ia pun mengaku bahwa perbandingan dengan sangat Messi membuatnya terganggu.

“Perbandingan dengan Lionel Messi sungguh merusak perkembangan saya. Sehingga, terlalu banyak ekspektasi di antara para suporter Barcelona, yang membuat saya merasa terbebani. Hanya ada satu Lionel Messi di dunia ini,” jelas Gerard Deulofeu.

Kurangnya kepercayaan Barca pada Deulofeu membuatnya disebut-sebut akan kembali meninggalkan Camp Nou di bursa transfer musim dingin bulan Januari mendatang. Kemungkinan besar, jika performanya terus seperti sekarang, ia akan kembali meninggalkan klub yang sudah dianggap seperti rumah sendiri tersebut.