Bawa Mesir Ke Piala Dunia, Mohamed Salah Dijadikan Nama Sekolah

mohamed salahSatu sekolah di Mesir langsung berganti nama menjadi Mohamed Salah usai si pemain jadi aktor penting atas keberhasilan The Pharaoh melangkah ke putaran final Piala Dunia 2018.

Mesir melakoni partai pemungkas kontra Kongo pada hari Minggu (08/10) lalu di Borg El Arab dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 grup E zona Afrika. Pasalnya kemenangan jadi harga mati untuk mereka agar bisa melangkah ke Rusia tahun depan.

Mesir terlebih dulu memimpin di menit 63 lewat sontekan Salah. Akan tetapi kedudukan berubah jadi sama kuat usai Arnold Bouka Moutou mencetak.

Setelah itu laga sepertinya bakal tuntas dengan hasil imbang. Namun Salah lantas keluar sebagai pahlawan dengan membuat gol kemenangan di menit 95 usai eksekusi penaltinya tak kuasa dimentahkan oleh penjaga gawang Kongo.

Gol tersebut tak pelak membuat fans di Mesir girang bukan kepalang. Pasalnya tim nasional mereka akhirnya mampu melangkah ke Piala Dunia, setelah kali terakhir dilakukan tahun 1990 lalu.

Salah pun terpilih sebagai pahlawan berkat kesukesan tersebut. Pemain Liverpool ini lantas mendapat banyak pujian dari semua orang.

Bahkan satu sanjungan yang pastinya membuat Salah terharu. Pujian itu ialah pengubahan sebuah nama sekolah di kota Basyoun. Sekolah tersebut langsung merubah nama jadi “Mohamed Salah”.

Dilaporkan oleh Kingfut, Gubernur Gharbia, Ahmed Deif mengungkapkan jika sekolah tersebut tak lain merupakan tempat Salah dahulu mencari ilmu. Basyoun pribadi ialah kota kelahiran Salah 25 tahun silam.

Salah juga tampil gemilang untuk Mesit dalam sepanjang bergulirnya babak kualifikasi itu. Total dirinya menorehkan lima gol plus dua assist dari lima pertandingan.

Total, dari 56 caps bersama tim nasional Mesir dia telah mengumpulkan 32 gol. Ia punya kans mematahkan rekor top skorer di timnas Pharaoh yang dipegang oleh Hossam Hassan dengan catatan 69 gol.