Bintang-Bintang La Liga Ini Buat FIFA Pusing

Cristiano RonaldoPiala Dunia 2018 di Rusia terancam akan kering tanpa kehadiran pemain-pemain top La Liga. Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale ada di antara para pemain bintang yang belum pasti mengantarkan negaranya tampil perhelatan sepak bola paling akbar tersebut.

Ketidakpastian nasib dari tim nasional Argentina, tim nasional Portugal dan tim nasional Wales membuat FIFA pusing kepala. Pasalnya, kerugian yang mereka dapat jika ketiga pemain tersebut tidak main di Piala Dunia 2018 ditaksir mencapai triliunan rupiah.

Seperti dilansir dari beberapa media top Eropa, para petinggi FIFA kini merasa sangat was-was mengingat Piala Dunia 2018 justru akan diisi oleh negara-negara yang sepakbolanya kurang top macam Iran, Kosta Rika, dan Arab Saudi. Ketakutan terbesar para bos FIFA adalah menurunnya rating dalam pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2018.

Tanpa adanya mega bintang macam Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale, para penikmat sepak bola dikhawatirkan tidak akan lagi berminat menyaksikan siaran langsung dari turnamen terbesar sepakbola empat tahunan itu.

Sepak bola sebagai salah satu produk budaya populer tentu saja membutuhkan kehadiran para bintang untuk bisa terus sukses, khususnya dalam meraup pundi-pundi uang. Kehadiran dari para bintang ini dibutuhkan untuk menunjang gelaran Piala Dunia tersebut. Mereka diibaratkan seperti “umpan” yang bisa dipergunakan untuk menarik para sponsor agar bersedia mengucurkan dana dalam ajang Piala Dunia.

Peluang tim nasional Argentina, tim nasional Portugal dan tim nasional Wales memang belum tertutup sama sekali. Timnas Argentina harus menang melawan Ekuador jika ingin lolos, sementara kesebelasan Wales dan Portugal harus melalui babak play-off terlebih dahulu jika ingin memastikan tempat di Rusia.

Sementara itu, Piala Dunia 2018 diyakini sebagai Piala Dunia terakhir yang akan diikuti oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, pasalnya usia mereka sudah lebih dari 30 tahun. Messi tahun depan akan berusia 31 tahun sementara Ronaldo 33 tahun. Yang pasti FIFA tentu saja ingin agar Piala Dunia edisi kali ini masih akan jadi ajang bersaing dari para megabintang sepak bola.