Dani Alves Terancam Tak Bisa Dimainkan Di Piala Dunia 2018

Nasib baik sepertinya tak memihak kepada Dani Alves saat ini. Bagaimana tidak, bek veteran Paris Saint-Germain itu terancam tak bisa dimainkan di Piala Dunia mendatang setelah ia terlihat tertatih-tatih keluar lapangan saat menjalani pertandingan final di Coupe de France.

Memang pada hari Rabu pekan lalu, Paris Saint Germain menghadapi Les Herbiers VF, klub yang bermain di divisi keempat  Prancis, dalam kompetisi Coupe de France yang telah memasuki final. Mereka pun berhasil mendominasi pertandingan yang diselenggarakan di Stade de France, Paris, dean mencetak dua gol dimasing-masing babak oleh Giovani Lo Celso dimenit ke 26 dan Edinson Cavani dimenit ke 74 dari tendangan penalti.

Dani Alves mengalami cedera saat hadapi Les Herbiers VF di Coupe de France

Dani Alves mengalami cedera saat hadapi Les Herbiers VF di Coupe de France

Namun sayangnya empat menit sebelum babak kedua berakhir Dani Alves terpaksa digantikan oleh Thomas Meunier karena ia mengalami cedera lutut. Hal ini tentu sangat mengerikan oleh Alves dan timnas Brasil karena ia diduga akan melewatkan pertandingan Piala Dunia 2018 yang diadakan di Rusia, yang mungkin terakhir kali dalam karirnya. Setidaknya saat PSG menjalani pertandingan terakhir di Ligue 1, Alves terbukti absen dalam laga tersebut.

Sebelumnya pemeriksaan awal menunjukkan bahwa meskipun cedera akan mengakhiri musim domestiknya bersama Alves, dia akan siap untuk Piala Dunia. Saat itu juru bicara PSG mengatakan, “Menyusul cedera lutut kanan Daniel Alves, yang terjadi kemarin selama final Piala Prancis, tes yang dilakukan hari ini menunjukkan high detachment dari ligamen anterior dengan posterolateral sprain,”.

Namun pada hari Jumat lalu, Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) mengkonfirmasi bahwa setelah tes lebih lanjut oleh dokter tim nasional Brazil yaitu ¬†Rodrigo Lasmar, menyatakan hasilnya adalah bahwa mantan bintang Barcelona tidak akan pulih tepat waktu untuk mewakili timnasnya di musim panas ini. Pernyataannya di situs resmi klub juga mengatakan,¬† “Pemeriksaan yang ketat mengkonfirmasi diagnosis awal cedera ligamen anterior, yang membutuhkan perawatan bedah,”

“Mempertimbangkan opsi pemulihan alternatif dalam jangka waktu, itu menegaskan ketidakmungkinan memanggil Daniel Alves untuk periode persiapan, persahabatan dan Piala Dunia.”.

Dani Alves takkan dimainkan di timnas Brasil

Dani Alves takkan dimainkan di timnas Brasil?

Alves sendiri telah menjadi salah satu tokoh penting bagi Brasil selama lebih dari satu dekade terakhir walaupun usianya telah memasuki masa pensiun. Ia pun telah ditetapkan untuk menjadi starter untuk tim yang diracik oleh Tite demi mengamankan gelar juara dunia keenam mereka.

Dengan demikian, ia bukanlah pemain pertama yang mengalami cedera serius di musim ini dalam daftar pemainnya. Sebelumnya ada Filipe Luis menderita patah kaki saat bermain untuk Atletico Madrid kembali pada bulan Maret dan Neymar pada akhir bulan Februari. Namun Neymar, diketahui masih memungkinkan untuk dapat dimainkan setelah dalam beberapa pekan terakhir, saat mulai terlihat pulih dari cederanya.

Namun memang nasib baik tak memihak kepada Dani Alves dimana satu bulan lagi Piala Dunia 2018 di Rusia akan dimainkan, dimana pertandingan mereka pertama yaitu tanggal 17 Juni mendatang, menghadapi Swiss.