Dengan Pencapaiannya Saat Ini, Arjen Robben Bisa Menjadi Pelatih Suatu Hari Nanti

Arjen Robben, Bayern Munich

Arjen Robben Bayern Munich

Salah satu pemain veteran dari Bayern Munich yaitu Arjen Robben telah memiliki 18 musim kampanye disepanjang karirnya, namun Ia sering diliputi masalah cedera, dimana sebagian besar meliputi masalh  hamstring. Meskipun demikian, Ia adalah pemain yang terus sulit diprediksi dimana dia telah menjadi lebih cepat dan lebih mematikan seiring bertambahnya usia.

Tengok saja bukti yang ia tinggalkan pada musim lalu, dimana sebagian besar kampanye musim tersebut ia bebas cedera. Ia berhasil mencetak 13 gol dan menghasilkan 12 assist, hanya dengan rekan setimnya di Bayern yaitu Robert Lewandowski, yang  terbukti lebih efektif di depan gawang di Bundesliga.

Jika dilihat setelah ia beralih dari klub sebelumnya yaitu Real Madrid pada musim panas 2009, Ia telah menghasilkan 134 gol hingga saat ini dalam 273 pertandingan yang melibatkannya.

“Saya masih merasa sangat baik dan ingin berada di puncak selama mungkin,” kata mantan pemain PSV Eindhoven, Chelsea dan Real Madrid setelah ia mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola internasional, setelah timnas Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

“Saya berusia 33 tahun sekarang, saya bermain di klub papan atas di Eropa dan saya ingin berkonsentrasi pada hal itu sekarang.”

Dalam lintas Internasional, Ia telah mencetak 37 gol dan 30 asisst dalam 96 pertandingan bersama timnas Belanda hingga saat ini, dan bisa dibilang ia adalah pemain sepak bola Belanda yang benar-benar kelas dunia, seperti kata kata mantan pelatih Belanda Dick Advocaat.

“Arjen adalah kelas dunia, kami akan merindukannya. Dia pernah dan masih menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Kin dia masih akan melakukan pekerjaannya di level klub.”

Buklti nyata lainnya adalah Ia telah mentecetak 235 gol, 182 assist dan 30 piala di sepanjang karirnya di semua kompetisi, yang merupakan umpan balik yang patut dipuji terutmaa untuk pemain yang karirnya telah terganggu oleh seringnya ia mengalami cedera.

Mungkin di masa depan, Robben akan menjadi seorang pelatih, mengikuti jejak rekan senegaranya seperti,  Louis van Gaal, Guus Hiddink, Ronald Koeman, Frank de boer, Peter Bosz dan masih banyak lagi.