Final Piala Dunia 2018, Laga Pembuktian Deschamps dan Dalic

Didier Deschamps, pelatih timnas Prancis

Babak final Piala Dunia 2018 ini akan mempertemukan dua pemain Miroslav Blazevic, yakni pelatih timnas Kroasia di tahun 1998 silam, mereka adalah Didier Deschamps dan Zlatko Dalic yang saat ini adalah pelatih timnas Perancis dan pelatih timnas Kroasia.

Timnas Perancis sendiri akan bersiteru dengan timnas Kroasia dalam laga final Piala Dunia 2018 yang dilaksanakan di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Minggu (15/7/2018) pukul 22.00 WIB.

Laga ini merupakan peluang emas untuk Didier Deschamps serta Zlatko Dalic demi memperoleh gelar debut juara di kompetisi empat tahunan ini. akan tetapi, Deschamps pernah membawa Perancis sebagai juara di tahun 1998 saat dirinya menjabat sebagai kapten tim.

Semetara itu, Dalic mencatatkan keberhasilan untuk Kroasia sebagai kesempatan pertama utnuk timnasnya di babak final dan berpeluang menang untuk kali pertama. Namun, apapun hasil di babak final Piala Dunia 2018, jelas jika ada sosok yang berjasa di sini. Yaitu Miroslav Blazevic, pelatih dari dua mantan pemain yang kini jadi pelatih tersebut.

pelatih timnas Kroasia, Zlatko Dalic

Sementara itu, Blazevic juga pernah membawa timnas Kroasia sukses besar di turnamen dunia ini. Dia menjadikan negaranya sebagai tim juara ketiga di Piala Dunia 1998 dan pada tahun ini, Dalic sukses melampaui prestasi sang pelatih dengan membawa Kroasia ke Piala Dunia 2018.

Di awal karirnya sebagai pelatih, Dalic adalah asisten Blazevic di NK Varteks atau NK Varazdin di tahun 2004 sampai 2005 silam.

“Saya senang dengan apa yang sudah dia capai. Dia menjadi murid yang dapat melampaui saya dan tentunya itu hal yang membanggakan,” kata Blazevic.

Di sisi lain, Deschamps adalah pemain pilihan Blazevic kala menjadi pelatih Nantes di musim 1988 sampai 1991. Deschamps bahkan terpilih sebagai kapten Nantes ketika berumur 18 tahun.

Akan tetapi, pilihan Blazevic di final Piala Dunia 2018 ini pastinya timnas Kroasia. Apalagi Blazevic punya dendam pada Perancis karena timnasnya dulu gagal melawan Prancis dengan skor 1-2 di babak semifinal 1998 silam. Ini jadi pembalasan bagi mereka.

Lantas, siapakah yang akan keluar sebagai yang terbaik? Laga Prancis vs Kroasia di final Piala Dunia 2018, yang dilaksanakan pukul 22.00 WIB akan menjadi jawabannya.