Gagal ke Rusia 2018, Ventura Tolak Mundur dari Timnas Italia

Giampiero Ventura secara tegas menolak untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih timnas Italia meski sudah terbukti gagal mempersembahkan satu tiket menuju putaran final Piala Dunia 2018 Rusia. Dalam hal ini, Ventura merasa masih harus berbicara dengan para petinggi FIGC sebelum membuat keputusan untuk mundur daru jabatannya.

Gagalnya Italia ke Piala Dunia Rusia menjadikan yang pertama bagi mereka sejak 1958. Meski mendapat banyak desakan untuk mundur dari jabatannya, namun ventura belum memutuskan apa untuk meninggalkan posisi tertinggi tersebut.

Ventura mencoba memberikan ketenangan dalam suasana ruang ganti Italia dengan mengklaim semua pemain sudah memberikan yang terbaik. Meski akhirnya dia sendiri mengakui kegagalan ke Piala Dunia adalah hal yang sulit untuk dilupakan.

“Saya belum bisa memastikan akan mundur dari jabatan ini karena saya belum berbicara dengan Presiden FIGC. Saya minta maaf karena terlambat memberikan komentar. Tapi saya ingin memberikan penghormatan kepada semua pemain yang sudah bekerjasama dengan saya,” ucap ventura.

“Ini hasil yang berat untuk kami terima, saya sudah katakan itu dan akhirnya terbukti. Kami memiliki hasrat yang besar untuk mengatasi situasi ini. Saya sudah lama bekerja di sepakbola dan saya tahu situasinya,” tutup ventura.

Dikala desakan besar menuntut ventura mundur, satu sikap mengejutkan malah terjadi pada sosok pemain-pemain senior macam Gianlugi Buffon, Andrae Barzagli, Daniele De Rossi dan Giorgio Chiellini memutuskan pensiun dari kancah internasional.

“Fakta bahwa Buffon, De Rossi, dan Barzagli pensiun sudah kami ketahui sebelumnya. Taruhannya adalah Piala Dunia, bagi mereka dan semua orang, termasuk saya juga. Saya kecewa, akan tetapi kekecewaan saya sudah diperlihatkan oleh para pemain dan ini sungguh diluar harapan kami.” tambah ventura.