Hal Penting Yang Harus Dilakukan Barcelona Di Musim Depan

Barcelona telah memiliki musim yang baik di musim lalu walaupun hanya meraih La Liga dan Copa del Rey. Kita pun juga telah mengatahui alasan mengapa Barcelona juga dapat memenangkan treble di musim ini. Namun setidaknya ada empat hal penting yang harus dilakukan Barcelona musim depan untuk menjadi yang terbaik. Dan inilah dia.

1. Promosikan tim muda mereka

Barcelona memiliki akademi pemain muda yang terkenal yaitu La Masia, dimana diketahui mereka menelurkan pemain-pemain berbakat. Bahkan mereka juga menciptakan pemain superstar yang bersejarah bagi klub seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Sergio Busquets dan Gerard Pique.

Sergio Busquets - Lionel Messi Xavi Hernandez dan Andres Iniesta

Empat pemain jebolan akademi Barcelona La Masia (Sergio Busquets – Lionel Messi Xavi Hernandez dan Andres Iniesta)

Ernesto Valverde pun menyadari bahwa La Masia memiliki aset besar yang dimiliki oleh Barcelona, bukan sekedar pelatihan akademi saja. Karena itulah ia sering membicarakan untuk mempromosikan pemain muda dan memberikan kesempatan pemain muda untuk menunjukkan bakatnya. Tentu hal ini selain menghemat pengeluaran, namun akan bisa menjadi alat investasi yang bisa diuangkan kapan saja. Terlepas dari itu, para pemain muda juga telah mengenal Barcelona dan mereka juga akan memiliki moralitas yang tinggi untuk membela di tim utama.

Sebut saja Ricard Puig Marti, Marc Cucurella, Juan Miranda Gonzalez, Carles Alena dan Oriol Busquets. Mereka telah menunjukkan performa yang menjanjikan dan karena itulah mereka pantas untuk diberikan kesempatan di Camp Nou musim depan. Setidaknya, mereka diberikan kesempatan untuk dipinjamkan menuju klub lain sebelum dijual langsung.

2. Mempertahankan dominasi mereka

Hingga saat ini mereka telah memenangkan 25 gelar La Liga diluar 25 kali juga mereka gagal meraihnya saat menjadi runner up. Hal ini terjadi terutama sejak tahun 90 –an dimana dalam satu dekade terahkir mereka memenangkan tujuh diantaranya. Sementara dalam kompetisi Copa del Rey, mereka telah memenangkan 30 kali dimana dalam satu dekade terakhir mereka menguasai enam piala diantaranya.

Pencapaian Barcelona di liga domestik hingga 2018 ini

Pencapaian Barcelona di liga domestik hingga 2018 ini

Hal yang sama berlaku untuk Supercopa de Espana, dimana mereka telah memboyong enam piala dalam sepuluh terakhir. Mereka bisa mempertahankan dominasi mereka di kompetisi domestik di Spanyol dan dengan pemain mereka yang ada saat ini, hal tersebut sangat memungkinkan.

3. Memenangkan Liga Champions

Liga Champions merupakan kompetisi tertinggi dalam benua Eropa. Dan dengan performa yang ada seharusnya Barcelona mampu memenangkan piala bergengsi tersebut apalagi melihat rival abadi mereka yaitu Real Madrid, telah kehilangan striker andalannya yaitu Cristiano Ronaldo dan pelatih yang memboyong tiga piala ini secara beruntun, Zinedine Zindane.

Terakhir kali Barcelona meraih piala Liga Champions 2014-15 bersama Luis Suarez Lionel Messi dan Neymar

Terakhir kali Barcelona meraih piala Liga Champions 2014-15 bersama Luis Suarez Lionel Messi dan Neymar

Jika melihat dalam satu dekade terakhir, Barcelona hanya meraih tiga gelar juara di tingkat Internasional ini, dimana mereka memenangkan terakhir kalinya pada tahun 2015 lalu, dibawah asuhan Luis Enrique. Dan inilah kesempatan mereka untuk membuktikan diri menjadi yang terbaik di Eropa, terutama setelah di musim lalu mereka dipermalukan dengan agregat 3-1 dengan AS Roma di perempat final.

4. Memberikan atmosfer untuk kejayaan Lionel Messi

Salah satu bukti kejayaan seorang individu sepak bola adalah Ballon d’Or. Dulu sekitar 4 tahun yang lalu, tidak ada keraguan bahwa Messi merupakan pemain terbaik di dunia dengan meraih empat penghargaan Ballon d’Or, namun semenjak 2013, ia berbagi penghargaan tersebut dengan Ronaldo, yang meraih empat penghargaan tersebut sementara Messi hanya menambah satu.

Lionel Messi saat meraih Ballon d’Or terbanyak di dunia sebelum Cristino Ronaldo menyamainya

Jelas Ronaldo merupakan saingan besar Messi untuk memenangkan Ballon d’Or apalagi pemain asal Argentina tersebut telah menanggung beban tim di pundaknya selama beberapa tahun terakhir.Walaupun ia menjadi pencetak gol terbanyak namun Ballon d’or bergantung banyak faktor, termasuk salah satunya adalah performa di Liga Champions. Dan ini yang tak dipunyai Messi.

Karena itulah, Barcelona perlu memberikan atmosfer untuk kejayaan Lionel Messi untuk menungguli rivalnya. Pasalnya dengan hal tersebut, secara tak langsung akan menambah semangat seluruh tim dan kembali lagi akan meningkatkan performa secara keseluruhan.

Dengan kombinasi pemain baru dan lama, diprediksi Messi akan mampu meraihnya dalam waktu dekat sementara Ronaldo harus beradaptasi dengan pemain baru dan lingkungan baru, terutama dalam hal bahasa.

Demikianlah empat hal penting yang harus dilakukan Barcelona musim depan dimana semuanya perlu dilakukan untuk meraih kejayaan dalam jangka panjang. Mungkinkah ada pemain baru selain Ronaldo yang akan menghalanginya dalam waktu dekat? Bisa saja. Dan hal ini akan menarik untuk disaksikan bersama.