Ini Lima Pesepakbola Dunia Kontroversi di Luar Lapangan

Dengan kemampuan apik di lapangan, para pesepakbola dunia ini dapat menjadi sorotan. Seperti Wayne Rooney atau Mario Balotelli. Namun, hal ini juga mempengaruhi kehidupan pribadi mereka. Sejatinya, hal seprti ini sudah menjadi bagian dalam profesi mereka. Walau kini, banyak pemain yang mulai tahu menjaga sikap sehingga tidak menjadi korban berita kontoversial di media dunia.

Bicara soal kontroversi pesepakbola dunia, banyak diantara mereka bahkan harus berhubungan dengan media massa dan institusi hukum. Kasus perselingkuhan, seks dengan PSK di bawah umur, sampai kasus pemerasan menjadi bagian dari dunia mereka di luar lapangan.

Berikut lima pemain bola dunia yang terkenal dengan kontroversialnya.

  1. Franck Ribery

Pesepakbola dunia dari Prancis ini merupakan seorang Muslim yang taat. Tapi, keinginan Ribery berpesta juga sangat besar. Selain itu, pemain ini juga suka melanggar aturan, seperti di tahun 2010 lalu, dia dan beberapa rekannya menyewa PSK di Paris.

Bersama Sidney Gouvou dan Karim Benzema, mereka menyewa Zahia Dehar, PSK yang ternyata masih di bawah umur. Ribery pun harus minta maaf pada publik. Tapi, kasus itu ditutup di tahun 2011 silam.

  1. Joey Barton

Joey Barton menjadi salah satu pemain yang buruk dalam bersikap. Ia kerap bermasalah dengan pemain lain, pelatih hingga fansnya. Barton pernah terlibat sanksi hukum kala merayakan pesta Natal di tahun 2004 silam, karena menyundutkan rokok ke mata orang lain. Hal itu, terjadi setelah seorang pemuda bernama, Jamie Tandy berupaya membakar kemeja Barton.

Hal ini menjadikan Barton harus berurusan dengan hukum. Ia juga pernah mematahkan kaki pejalan kaki ketika berkendara di jam 2 dini hari lalu menyerang fans Everton berumur 15 tahun. Barton juga pernah berselisih dengan teman setimnya di Manchester City, Ousmane Dabo. Setelah ditangkap dan masuk penjara yang membuatnya langsung dibuang ke Newcastle United.

Tak sampai di situ, Barton juga mendapat dakwaan dari Federasi Sepak Bola Skotlandia di tahun 2016 karena melakukan judi sebanyak 1.260 kali. Barton lalu dijatuhi larangan bermain selama 18 bulan di tanggal 26 April 2017.

  1. Wayne Rooney

Mantan kapten Manchester United ini menjadi salah satu legenda di Premier League. Tapi, kehidupannya di luar lapangan tak begitu baik. Rooney pernah terlibat dalam beberapa tuntutan hukum, saat dia disebutkan dia menyerang sang kekasih yang kini istrinya, Coolen, di sebuah klub malam.

Rooney juga terlibat dengan pencemaran nama baik. David Moyes menuntutnya karena dinilai memalsukan fakta tentang dirinya. Dalam kasus tersebut, Rooney kemudian minta maaf pada Moyes.

Setelah menikah dengan Coleen di tahun 2008. Dia sempat hampir bercerai, karena kedapatan berselingkuh dengan Jennifer Thompson, padahal saat itu, sang istri tengah hamil empat bulan.

  1. Mario Balotelli

Mario Balotelli memang menjadi pesepakbola dunia yang terkenal dengan kontorversialnya. Walau berkemampuan yang baik, emosinya sering menjadikan pemain berdarah Ghana ini terlibat masalah. Selama berkarier, masalahnya di luar lapangan membuatnya tak banyak prestasi.

Di tahun 2012, mantan kekasihnya, Raffaella Fico, membuka aib dengan kehamilannya. Sempat ingin bertanggung jawab, namun Balotelli sering lari dari tanggung jawabnya. Selain itu, dia pernah menembak pistol ke udara untuk bersenang-senang dengan temannya. Dia juga pernah hampir membakar rumahnya dengan kembang api.

  1. Karim Benzema

Karim Benzema sejatinya pesepakbola dunia yang berbakat dengan Real Madrid. Tapi, karirnya tersendat manakala kasus pemerasan yang melibatkannya dan membuatnya dibuang dari Timnas Prancis sejak 2015.

Ditangkap 4 November 2015 karena kasus pemerasan pada video seks rekannya, Mathieu Valbuena. Selain itu, penyerang ini juga menjadi salah satu teman Franck Ribery yang meniduri PSK di bawah umur.