Inilah Alasan Tite Pilih Gabriel Jadi Kapten Kesebelasan Dibanding Firmino

Belum lama ini pelatih timnas Brasil yaitu Tite mengungkapkan alasannya mengapa ia menjadikan Gabriel Jesus menjadi kapten kesebelasan timnas Brasil di tahun Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan di Rusia. Padahal masih ada beberapa pemain lainnya yang apik lebih dari dirinya, seperti Roberto Firminho.

Roberto Firmino dan Gabriel Jesus timnas Brasil

Manakah yang tepat sebagai kapten timnas Brasil, Roberto Firmino atau Gabriel Jesus?

Memang mantan jebolan akademi Palmeiras itu telah memiliki karir yang sangat menjanjikan setelah ia dilibatkan di tim utama klub. Tercatat ia telah mencetak 28 gol dari 83 pertandingan yang melibatkannya di Brasil, padahal usianya masih sangat muda. Hal ini membuat banyak pihak tertarik untuk memboyongnya termasuk Manchester City.

Akhirnya pada Januari 2016 lalu City berhasil mendatangkannya pemain itu dengan tebusan 33 juta euro belum termasuk bonus. Ia pun langsung diterjunkan kelapangan oleh Pep Guardiola dan menghasilkan tiga gol dari empat laga perdananya namun langkahnya terhenti karena cedera. Ia pun menambahkan empat gol lagi setelah pulih. Di musim ini, ia sempat mengalami cedera lagi. Namun dari 42 pertandingan yang melibatkannya disemua kompetisi, ia bisa menghasilkan 17 gol lagi.

Dengan demikian, Gabriel membutuhkan waktu kurang dari empat tahun di kompetisi sepak bola profesional, untuk menjadi salah satu pemain kunci untuk timnas Brasil. Ia pun telah menyumbangkan sembilan gol dari 15 kali kali diturunkan. itulah salah satu alasan mengapa Tite menjadikannya sebagai kapten kesebelasan tahun ini.

Sebelumnya Ia sempat sulit memutuskan siapa yang akan menjadi kapten kesebelasan skuad timnas Brasil, karena Dani Aleves kini mengalami cedera. Ia pun mengungkapkan kepada media Sambafoot, “Seluruh starter, termasuk Willian, Thiago Silva, Felipe Luis, Fernandinho, yang telah konstan masuk tim, sudah pernah menjadi kapten kesebelasan. Satu-satunya yang belum menjadi kapten adalah Gabriel Jesus,”.

“Kami akan memutuskan dan melanjutkan rotasi ini (sebagai kapten kesebelasan) yang dengan tujuan meningkatkan teknik dan gaya kepemimpinan. Namun, siapa kapten yang akan menggantikan Dani Alves belum diputuskan,”.

Tite sempat memilih Firmino yang telah mengalahkan Gabriel dan rekannya di semi final Liga Champions. Ia juga sempat mengakui bahwa Firmino memiliki kampanye yang lebih mengesankan daripada Gabriel, namun pada akhirnya, ia tetap memilih Gabriel sebagai pilihan utamanya.

Tite pilih Gabriel Jesus sebagai kapten kesebelasan Brasil tahun ini

Tite akhirnya pilih Gabriel Jesus sebagai kapten kesebelasan Brasil tahun ini

“Ya, memang benar apa yang kamu katakan [bahwa Firmino memiliki kampanye yang lebih mengesankan daripada Gabriel]. Tetapi [Gabriel] telah kembali [dari luka] dan dalam bentuk terbaiknya. Namun Gabriel-lah yang akan menjadi starter. ” kata Tite.

Tujuan Tite merotasi jabatan kapten kesebelasan adalah memberikan efek piskologis agar sang pemain lebih dapat meningkatkan teknik dan gaya kepemimpinan di lapangan. Namun apapun alasan pelatih timnas Brasil itu memilih Gabriel Jesus, Brasil diyakini tetap menjadi kandidat kuat untuk menjadi juara Piala Dunia 2018 dengan Roberto Firmino, Wilian, Neymar dan pemain bintang klub lainnya.