Inilah Alasannya Mengapa Sampaoli Harus diganti Dari Timnas Argentina

Jorge Sampaoli baru mengasuh timnas senior Argentina  satu tahun, namun sayangnya masa depannya takkan berlangsung lebih lama lagi. Pasalnya ia tak mampu membawa tim yang ditanganinya ini, mendekati gelar Piala Dunia 2018, bahkan tertahan di 16 besar saat Prancis mengalahkan mereka. Dan inilah penjelasan yang mudah mengapa masa depannya suram di Argentina.

Profil Jorge Sampaoli

Memang mantan gelandang bertahan dari Newell’s Old Boys itu menjadi pelatih sejak tahun 2002. Beberapa klub telah dibawah asuhannya namun ia menjadi sorotan sejak ia membawa timnas Chile selama empat tahun dan membela Sevilla selama setahun. Akhirnya pada musim panas 2017 lalu, ia ditunjuk untuk mengambil alih timnas senior Argentina.

Performa Jorge Sampaoli Dengan Argentina

Ia pun berhasil membawa pasukannya lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, namun hampir saja gagal lolos karena Argentina memiliki tujuh kemenangan dari 18 pertandingan yang mereka jalani. Walaupun mereka hanya menelan empat kekalahan namun mereka hanya mengumpulkan 28 poin, dua poin di atas batas aman.

Marcos Rojo saat mencetak gol kemenangan Argentina menghadapi Nigeria di Piala Dunia 2018

Marcos Rojo saat mencetak gol kemenangan Argentina menghadapi Nigeria di Piala Dunia 2018

Sementara saat di babak penyisihan grup, menuju perdelapan final, performa Argentina yang digadang-gadangkan sebagai favorit juara tahun ini, cukup melempem dan mengkhawatirkan dimana dua pertandingan perdananya mereka tak meraih kemenangan. Beruntung di putaran ketiga saat menghadapi Nigeria, mereka unggul 2-1, namun itupun berkat gol dramatis oleh Marcos Rojo dimenit ke 86.

Saat membawa Argentina keperdelapan final Piala Dunia 2018 menghadapi Prancis, timnya sempat unggul dengan skor 1-2 namun dalam waktu sembilan menit, sebuah gol dari Benjamin Pavard dan dua gol dari Kylian Mbappe, membuat mereka tak berdaya walaupun Sergia Aguero memperkecil kekalahan sebelum babak kedua berakhir. Akhirnya Ia dan timnya pulang meninggalkan Rusia.

Strategi Jorge Sampaoli

Jorge Sampaoli yang memusatkan perhatian kepada Lionel Messi

Jorge Sampaoli yang memusatkan perhatian kepada Lionel Messi

Banyak yang mempertanyakan keputusan Jorge Sampaoli yang memfokuskan kekuatannya kepada pemain bintangnya, Lionel Messi. Semua pun memberikan umpan didepan gawang untuknya sehingga langkah mereka mudah ditebak. Selain itu, Ia juga menolak untuk membawa Mauro Icardi ke Rusia padahal sang pemain telah memiliki musim yang sangat baik di Inter milan dengan mencetak banyak gol.

Ia juga sering meninggalkan pemain andalannya seperti Paulo Dybala, Gonzalo Higuain dan Angel Di Maria di bangku cadangan saat pertandingan penting. Dan masih ada beberapa lagi yang membingungkan, yang membuat Argentina tertatih-tatih menjalani turnamen Piala Dunia di tahun ini. Ini membuat banyak yang kecewa dengan performa Argentina dan dan dapat memicu kepergian massal dari beberapa pemain senior, bahkan saat Javier Mascherano dan Lucas Biglia yang mengumumkan keputusan mereka untuk menggantung sepatu. Tak heran jika ini akan berdampak dengan pemecatan Sampaoli dalm waktu dekat.

Banyak teori lain yang lebih kompleks seperti rasa takutnya yang besar dengan Lionel Messi sehingga semua strategi harus mengikuti idenya . Namun dengan penjelasan diatas, siapa  saja mudah menebak bahwa masa depan Jorge Sampaoli yang baru mengasuh timnas senior Argentina  satu tahun, berada dalam ambang pemecatan. Bagaimana menurut Anda?