Jatuh Bangun Karier Pesepakbola Cantik Amerika Serikat

Alex MorganSepakbola dikenal sebagai olahraga yang identik dengan kaum pria. Namun dalam beberapa dekade terakhir, muncul bintang-bintang sepakbola dari kamu perempuan. Salah satu pemain sepakbola perempuan yang paling sering kita dengar adalah Alex Morgan. Alex Morgan adalah penyerang andalan tim nasional Amerika Serikat yang sudah mencetak 80 gol dari 134 kali bertanding sejak 2010.

Alex Morgan sukses mengantarkan tim nasional Amerika Serikat memenangkan berbagai macam penghargaan. Di antaranya adalah medali emas Olimpiade 2012, Piala Dunia Perempuan 2015, Piala CONCACAF Perempuan 2014, serta sejumlah gelar bergengsi lainnya. Gelar-gelar itu belum termasuk prestasi individu seperti berbagai penghargaan pesepakbola perempuan terbaik.

Semua itu tentu tidak didapatkan Morgan secara instan. Sejak kecil, Morgan sudah berkecimpung di dunia olah raga, terutama lari. Orang tuanya justru menggiring Morgan ke basket dan softball. Dalam satu minggu ia bisa menghabiskan tiga sampai empat hari untuk mendalami dua olahraga itu. Namun, Morgan justru lebih tertarik terjun ke dunia sepakbola.

Padahal pemain yang saat ini memperkuat tim wanita Lyon itu awalnya hanya mencoba-coba saja bermain sepakbola. Buktinya, Morgan berbeda dengan beberapa pesepakbola perempuan lainnya yang mulai menekuni olahraga itu sejak di usia belia. Ia baru mulai serius berkarir di dunia sepakbola ketika mengenyam pendidikan sekolah menengah atas.

Alex MorganKemudian Morgan pindah ke klub sepakbola Cypress Elite saat berumur 14 tahun. Bersama klub tersebut, Morgan berhasil menjuarai ajang The Coast Soccer League (CSL) U16. Morgan juga dipromosikan ke skuat U19 Cypress Elite walaupun hanya menempati posisi ketiga dari bawah kompetisi dalam kategori usia tersebut.

Lulus dari sekolah menengah atas, Morgan melanjutkan pendidikannya di University of California dan bergabung dengan kesebelasan sepakbolanya, Golden Bears California, pada tahun 2007. Selama di sana juga Morgan dipercaya memperkuat Amerika Serikat U20. Namun, ketika memperkuat Timnas, Alex Morgan justru sempat mendapatkan cedera ligamen lutut (ACL) saat menjalani sesi latihan bersama skuat laki-laki.

Cederanya itu memaksanya absen cukup lama dan baru bisa bermain sepakbola lagi pada April 2008. Setelah sembuh dari cedera, Morgan berhasil mengantarkan tim nasional Amerika Serikat memenangkan Piala Dunia U20 2008. Ia adalah pahlawan pada kompetisi itu berkat gol kemenangannya, di pertandingan final menghadapi Korea Utara.