Kemenangan City Didedikasikan Pada Publik Catalan

Manchester City bermain sparatis dengan tanpa ampun memberikan kesempatan kepada tim tamu asal Italia, Napoli. Bermain di Etihad Stadium, Manchester City berhasil mengalahkan Napoli dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan ini lantas membuat Josep Guardiola puas dan tak lupa bahwa dia mempersembahkan hasil kemenangan ini kepada dua orang yang sedang menggerakan kemerdekaan Catalan, dimana dua sosok penting itu kini sedang menghuni jeruji penjara.

Jordi Cuixart dan Jordi Sanchez harus menghadapi cobaan besar atas keputusan pemerintahan Spanyol yang memasukannya ke penjara atas perjuangan yang mereka lakukan untuk memerdekakan Catalunya.

Berdasarkan voting yang dibuat untuk memutuskan berpisah dari Spanyol pada 1 Oktober silam memicu kontroversi, dimana hasil pemungutan suara tersebut dianggap ilegal oleh pemerintahan Spanyol. Adapun Cuixart dan Sanchez lantas ditahan dengan dakwaan sebagai pemimpin gerakan separatis dan keduanya ditahan tanpa bisa ditebus dengan jaminan.

Guardiola merasa tergerak dan menghormati apa yang sudah dilakukan oleh kedua orang tersebut. Tak anyal jika persembahan kemenangan City atas Napoli kepada dua warga Catalan itu adalah hal yang sangat spesial.

“Kemenangan ini didedikasikan pada mereka. Kami sudah menunjukkan di Catalunya bahwa kewarganegaraan jauh lebih besar dibanding ide apapun. Kami berharap mereka akan segera dibebaskan.” demikian pernyataan singkat Guardiola usai pertandingan.

Kemenangan 2-1 atas Napoli telah menempatkan mereka dipuncak klasemen sementara fase grup Liga Champions. Dua gol City dicetak oleh Gabriel Jesus dan Raheem Sterling. Sedangkan satu gol Napoli dicetak oleh Enawa dari titik putih. Adapun kekalahan ini tak merubah posisi Napoli yang tetap berada diperingkat kedua dengan raihan 6 poin.