Kemenangan Yang Sulit Untuk Barca

BarcelonaKemenangan yang didapatkan oleh Barcelona atas Las Palmas meninggalkan kejanggalan di benak sang manajer, Ernesto Valverde. Salah satunya adalah karena tidak adanya satupun penonton yang hadir di sana.

Barca masih kokoh menempati puncak klasemen dengan kemenangan atas Las Palmas dengan skor 3 – 0, Minggu (1 Oktober 2017) malam WIB kemarin. Ini juga menjaga kesempurnaan Los Cules di awal musim yang menyapu bersih tujuh laga dengan kemenangan.

Namun kemenangan ini juga terasa janggal untuk Barca mengingat itu mereka dapatkan tanpa adanya penonton yang biasa mendukung aksi Lionel Messi dan rekan-rekan. Stadion Camp Nou yang biasanya terisi penuh tiba-tiba kosong melompong.

Ini merupakan konsekuensi dari keputusan klub untuk menyelenggarakan pertandingan tanpa penonton mengingat situasi keamanan di kota tidak kondusif, menyusul adanya jajak pendapat yang dilakukan oleh publik Catalan. Ketika pemilu diselenggarakan, terjadi bentrokan antara pihak kepolisian dan pendukung kemerdekaan Catalan yang mengakibatkan sekitar 400-an orang cedera.

Awalnya pihak manajemen Los Cules meminta pertandingan kontra Las Palmas ditunda namun otoritas La Liga dan Federasi Sepakbola Spanyol tidak mengabulkannya. Daripada mendapat pengurangan enam poin, maka Barca mau tidak mau tetap menyelenggarakan pertandingan.

“Ini sangat sulit. Situasi yang sangat aneh untuk semuanya dan juga membingungkan. Kami tahu klub mencoba untuk menunda pertandingan. Setelah kami tidak memperoleh izin untuk menundanya, kami pun terpaksa bermain tanpa penonton” ujar Ernesto Valverde di Soccerway.

“Klub ingin mengambil tindakan khusus mengenai permasalahan yang ada di Catalunya saat ini. Keputusan klub ini diambil demi kebaikan semuanya dan bukan karena apapun. Memang sangat rumit. Situasinya tidak mudah. Kami tidak fokus sepenuhnya dan memulai laga dengan lambat.”

“Kami berpura-pura segalanya baik-baik saja kemarin dan tetap berjalan tenang, namun kenyataannya tidak. Semoga segalanya kembali seperti semula namun saya bukanlah seorang politisi. Saya tidak tahu apa-apa soal ini,” tutup Ernesto Valverde.