Kroasia Sukses Catatkan Sejarah Baru ke Final Piala Dunia 2018

Kroasia ke final piala dunia 2018

Timnas Kroasia mengukuhkan diri sebagai tim unggulan setelah menang dengan skor 2-1 atas timnas Inggris dalam laga di babak semifinal Piala Dunia 2018 dini hari tadi. Gol yang menentukan hasil didapat dari babak ekstra time dalam laga yang dialksanakan di Luzhniki Stadium, pada Rabu (11/7/2018) waktu setempat.

Timnas Kroasia merupakan tim keempat yang tampil dengan tambahan babak selama tiga laga mereka di Rusia. Sebelumnya, ada timnas Belgia, timnas Inggris hingga timnas Argentina yang mencatatkan hal sama di edisi-edisi sebelumnya.

Gol The Three Lions diciptakan oleh Kieran Trippier di menit ke-5. Untuk Kroasia sendiri, gol penyama terjadi pada menit ke-68 dari sepakan Ivan Perisic dan gol penentu dari Mario Mandzukic pada menit ke-109.

Masuk ke babak awal, Inggris sejatinya tampil menguasai laga. Hal tersebut terlihat dari gol yang diciptakan Trippier lewat sepakan bebasnya di menit ke-5. Babak pertama usai dengan skor 1-0 bagi Inggris.

Masuk ke babak kedua, kedua timnas ini mulai saling menyerang. Hingga kemudian timnas Kroasia dapat menciptakan gol imbang lewat umpan Sime Vrsaljko yang dimainkan dengan baik oleh Perisic hingga skor menjadi 1-1.

Laga berjalan selama 90 menit dengan hasil imbang. Hal ini menjadikan ekstra time kembali dimainkan untuk menentukan siapa pemenang laga Inggris VS Kroasia ini. Di babak ini, akhirnya Kroasia mendapatkan hasil kemenangan lewat gol dari Mandzukic.

Dengan hasil manis tersebut, Kroasia akan segera bersiap berhadapan dengan Perancis di babak final Piala Dunia 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2018. Laga ini sekaligus debut mereka di babak final selama mengikuti kompetisi empat tahunan ini.

Susunan Pemain

Timnas Kroasia: 23-Danijel Subasic, 21-Domagoj Vida, 3-Ivan Strinic (Ivan Strinic 95′), 6-Dejan Lovren,2-Sime Vrsaljko, 10-Luka Modric (Milan Badelj 119′), 7-Ivan Rakitic, 4-Ivan Perisic, 11-Marcelo Brozovic, 17-Mario Mandzukic (Verdan Corluka 115′), 18-Ante Rebic (Andrej Kramaric 101′)

Pelatih: Zlatko Dalic

Timnas Inggris: 1-Jordan Pickford, 18-Ashley Young (Danny Rose 91′), 2-Kyle Walker (Jamie Vardy 112′), 12-Kieran Trippier, 6-Harry Maguire, 5-John Stones, 8-Jordan Henderson (Eric Dier 97′), 20-Dele Alli, 7-Jesse Lingard, 9-Harry Kane, 10-Raheem Sterling (Marcus Rashford 74′)

Pelatih: Gareth Southgate

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki).