Laga yang Tak Biasa bagi Buffon

Tim nasional Italia bakal berhadapan dengan Swedia di babak playoff Piala Dunia 2018. Pertandingan berhadapan dengan Swedia kali ini nampak beda untuk Gianluigi Buffon.

Laga antara Swedia menghadapi Italia yang akan berlangsung pada hari Sabtu (11/11/2017) di Friends Arena, Solna. Pertandingan tersebut adalah usaha terakhir Gli Azzurri untuk dapat lolos ke ajang Piala Dunia 2018.

Hal tersebut yang disebut oleh penjaga gawang Italia, Buffon, jadi tekanan tersendiri. Ia sempat berhadapan dengan Swedia, sering kali di laga friendly.

“Tidak terbiasa dengan pertandingan playoff sebab telah amat lama sedari kami ada pada salah satunya dan tak heran kalau menghadapi Swedia lewat 2 laga ini bikin semuanya jadi makin menarik, sebab itu dapat bikin kami atau mereka meraih tiket untuk turnamen besar yang kami semua harapkan itu,” imbuh Buffon di Football Italia.

“Italia ikuti Piala Dunia dengan teratur, maka kami perlu keluarkan kebolehan paling oke dari kami supaya dapat pertahankan catatan keikutsertaan tersebut.”

“Laga sangat krusial yang saya mainkan menghadapi Swedia tentu adalah di pertandingan Piala Eropa 2004. Hal tersebut bukan memori tak terlupakan, malah jika kami tampil seri di hari tersebut, sebab pada akhirnya kami mengetahui kalau ada kesempatan kualifikasi yang terbatas.”

“Saya telah sering berhadapan dengan Swedia, 1 kali saya bermain di Swedia sebelum Piala Dunia 1998, di mana kami menerima hasil negatif, kemudian sering kali laga friendly di Italia,” sambung dia.

Dengan menyeluruh, Italia masih unggul head-to-head ketika berhadapan dengan Swedia. Dalam 24 laga, mereka menangkan laga 10 kali, imbang 8 kali, dan tunduk 6 kali. Terakhir Italia tunduk dari Swedia berlangsung di laga pada tanggal 2 Juni 1998, pada sebuah pertandingan friendly.