Lima Hal yang Menjadikan Zidane Begitu Istimewa di Real Madrid

Sekian lama selalu di bawah Barcelona, Real Madrid dan Zinedine Zidane menjadi klub Liga Spanyol yang bangkit di musim ini. Menjadi pelatih sejak Januari 2015 lalu menjadi pengganti Rafael Benitez, Zidane sudah membukukan tujuh gelar selama 19 bulan belakangan ini.

Gelar juara yang terbaru dari Zinedine Zidane dan Real Madrid yakni Piala Super Spanyol. Los Blancos berhasil mengalahkan Barcelona, dengan agregat 5-1 dari dua laga. Pelatih ini kemudian menjadi pelatih Real Madrid yang ketiga yang paling berprestasi selama ini. Sebelumnya, ada Luis Molowny dan Miguel Munoz.

Mantan pemain tangguh di lini tengah ini kini menjadikan Madrid sebagai tim yang luar bisa. Ini alasan betapa isitmewanya Zidane selama di Santiago Bernabeu.

  1. Seperti Keluarga

Ruang ganti adalah tempat yang krusial bagi pelatih dan tim Madrid selama ini. Sama seperti Jose Mourinho dan Rafael Benitez. Pasalnya, Madrid memang manjadi klub dengan banyaik pemain bintang.

Tapi bersama Zidane, pelatih dari Prancis itu dapat menjaga hubungan di ruangan ini selayaknya rumah bagi keluarga. Selain itu, dia juga menaruh kepercayaan pada pemainnya walau banyak yang meragukan, seperti Bale dan Benzema.

  1. Rotasi

Susunan pemain di klub Liga Spanyol ini tidak mudah. Barcelona saja bersama Pep Guardiola, jarang melakukan rotas. Dia tetap memainkan pemain andalannya dan menjadikan banyak pemain merasa tersisih karena dicadangkan selalu.

Beda dengan Zidane. Ia selalu melakukan terobosan pada skuatnya, termasuk pada bintang sepakbola dunia, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. Nyatanya, hal ini menjadikan tim mereka berwarna dan dapat bermain dengan gemilang. Terbukti dengan juara La Liga Spanyol dan Liga Champions.

  1. Jenis Taktik

Gareth Bale memang banyak absen selama musim 2016-17. Hal ini menjadikan pelatih Real Madrid ini kreatid dalam memainkan pemain di sisi sayap mereka. Zidane kemudian memainkan Isco dengan 4-3-1-2. Dan terbukti, Isco dapat bermain dengan apik.

  1. Rekrut Pemain

Madrid kini lebih mengutamakan pemain muda dan berbakat. Padahal sebelumnya, klub ini selalu membeli bintang sepakbola dunia, seperti Gareth Bale, Toni Kroos, hingga James Rodriguez.

Kini, klub ini selalu mendapatkan pemain muda dan berbakat yang juga harus mau memulai karir dari bangku cadangan. Pemain seperti Marco Asensio, Theo Hernandez, dan Jesus Vallejomewakili menjadi beberapa diantaranya.

  1. Warisan

Zinedine Zidane diyakini sebagai pelatih yang tepat menggantikan Rafael Benitez di Januari 2015 lalu. Bersama tim ini, Zidane sudah memberikan tujuh gelar juara hanya dalam kurun waktu 19 bulan.

Gelar tersebut diantaranya yakni La Liga Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub.

Banyak yang yakin, jika Zidane akan menjadi pelatih terbaik bagi klub Liga Spanyol ini dan itu dapat menjadi warisan untuk klub ini.