Lima Pemain Legenda yang Setia di Satu Klub

Beberapa bulan yang lalu, semua penggemar AS Roma sedih setelah sang kapten, Fransesco Totti memutuskan berpisah dari mereka. Pemain 40 tahun itu menjadi bintang sepakbola dunia sekaligus legenda di klub Italia tersebut, pasalnya sudah 25 musim dia menjalani karir di timnya dengan 786 laga, dan catatan 307 gol.

Legenda seperti Francesco Totti pastinya sulit ditemukan dalam masa sepakbola modern ini. Untungnya masih ada bintang sepakbola dunia yang menjadi pemain loyal atau disebut one-club man seperti ulasan berikut ini :

  1. Ryan Giggs di Manchester United

Ryan Giggs pastinya tak akan terpisah dari Manchester United. Pemain dari Wales tersebut menjadi pemain kuat yang mendatangkan 13 trofi Liga Inggris, empat Piala FA, tiga Piala Liga, serta dua trofi Liga Champions dengan timnya.

Namun, karir Giggs di timnas tak sejaya di klub. Dia tak berhasil menjadikan timnas Wales melaju ke Piala Dunia atau Piala Eropa. Dia bermain di MU sebanyak 963 laga.

  1. Steven Gerrard di Liverpool

Memiliki bakat hebat, mental juara serta sepakan yang jitu merupakan tiga khas dari Steven Gerrard. Pantas saja pemain ini tak dapat diganti di lini tengah The Reds, bahkan performa apiknya dalam laga final Liga Champions kontra AC Milan di musim 2004/05.

Memutuskan gantung sepatu, Gerrard saat ini mulai berkarir di tim akademi Liverpool. Gerrard yang menghabiskan 669 laga ini memiliki keinginan menjadi menager The Reds nantinya.

  1. Paolo Maldini di AC Milan

One club man selanjutnya adalah Paolo Maldini. Pemain ampuh di lini belakang ini mempunyai kaki kiri dan kanan yang sama-sama kuat. Pemain ini berkarir selama 25 musim di San Siro dengan 902 laga dan prestasi 26 trofi, diantaranya lima piala Liga Champions, tujuh piala Serie A, satu trofi Coppa Italia, lima Super Coppa dan Piala Super Eropa, dua Piala Interkontinental, serta satu Piala Dunia Antar Klub.

Paolo Maldini sendiri adalah sosok kedua dari keluarganya yang mencatatkan sejarah di AC Milan. Kini, Christian Maldini, anaknya menjadi penerus yang dinantikan kinerjanya.

  1. Carlos Puyol di Barcelona

Berkarir sebanyak 682 laga di Barca, bek dari Spanyol tersebut merupakan pemain yang gesit di lapangan. Lulusan La Masia ini jadi andalan di lini pertahanan. Berjuluk ‘The Wall”, hingga kini pemain ini sulit tergantikan di Barcelona.

Untuk timnas, Carles Puyol juga pemain yang dibutuhkan La Furia Roja yang berpengaruh pada kompetisi Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 untuk Spanyol.

  1. Daniele De Rossi di AS Roma

Hengkangnya Fransesco Totti, pastinya berpengaruh besar pada AS Roma. Walau begitu, ada satu pemain yang dinilai pas menggantikan Totti, dia adalah Daniele De Rossi. Pemain 33 tahun itu sudah bersama Roma sejak musim 2001/02.

De Rossi pernah meraih gelar gelandang terbaik di dunia. Bermain sebanyak 561 laga, penggemar klub ini bahkan memberikannya gelar capitan futuro atau Kapten Masa Depan.