Liverpool Tidak Mencari Pengganti Coutinho

Juergen Klopp mengatakan kalau Liverpool tidak akan mencari pengganti untuk Philippe Coutinho di bursa transfer bulan Januari ini. Klopp memiliki harapan bisa mengoptimalkan skuat yang dia pimpin.

Coutinho keluar dari Liverpool untuk bergabung dengan Barcelona pada awal bulan Januari. The Reds raih dana sampai160 juta euro dari hasil penjualan Coutinho.

Perginya Coutinho bikin Liverpool kehilangan salah satu senjatanya di garis serang. Oleh sebab itu, desakan supaya rekrut pengganti Coutinho pun mulai hadir.

Namun, Klopp mengatakan kalau Liverpool tidak bakal cari pengganti Coutinho di bursa transfer bulan Januari yang bakal tutup pada hari Rabu (31/1/2018).

“Philippe Coutinho tak akan digantikan pada bursa transfer ini. Kami dapat berhenti pikirkan tentang hal tersebut,” kata Klopp.

“Ini bukan tentang gantikan pemain — ini merupakan tentang optimalkan kesempatan kami dan sarana, pemain, taktik, formasi kami sendiri.”

Usai ditinggal Coutinho, Liverpool telah tunduk 2 kali lewat 3 laga di tiap ajang. Walau pernah kalahkan Manchester City, Liverpool selanjutnya tunduk melawan Swansea City dan digasak West Bromwich Albion pada ajang Piala FA.

Tetapi, Klopp menampik kalau tidak adanya Coutinho ikut jadi faktor dalam hasil buruk tersebut.

“Kami tak bermain oke di Swansea, namun di sejumlah hari sebelumnya kami bermain luar biasa menghadapi Manchester City. Kami mungkin saja menang di Swansea. Hal tersebut tak perlihatkan penampilan, cuma hasilnya,” kata Klopp.

“Saya anggap Phil (Coutinho) tak akan banyak menolong lewat keadaan ini. Jalan keluarnya bukan di bursa transfer. Kami terus miliki mata terbuka namun kami perlu lebih awal optimalkan pemain kami.”

“Lewat jangka panjang, kami bakal lakukan banyak hal namun dalam jangka pendek tak akan banyak yang berlangsung,” sambung dia.