Maskot Piala Dunia 1996 Hingga 2018

Ajang Piala Dunia 2018 kurang dari 2 minggu lagi akan berlangsung, tentunya banyak laga yang dinantikan pada kompetisi terakbar ini. Tidak lupa juga ciri khas dari ajang ini tentunya, setiap tuan rumah akan menciptakan sebuah maskotnya untuk membuat kompetisi ini lebih berwarna.

Piala dunia telah hadir sedari tahun 1966. Willie merupakan maskot untuk piala dunia tahun 1966 yang menjadi maskot di Piala Dunia pertama. Desain maskot tersebut biasanya adalah sebuah ciri khas  dari negara yang menjadi tuan rumah berlangsungnya ajang Piala Dunia 2018 (kostum, flora, fauna, dan sebagainya). Inilah Maskot Piala Dunia yang dipakai dari tahun 1966 sampai 2018 sekarang.

Piala Dunia 1966 Inggris

WILLIE Piala Dunia 1966

WILLIE

Jelmaan dari seekor macan yang merupakan ciri khas Inggris Raya, memakai jersey Union Flag dengan tulisan “WORLD CUP”. Didesain oleh ilustrator buku anak freelance Reg Hoye. Bill Titcombe ciptakan karakter komik yang berhubungan dengan karakter tersebut.

Piala Dunia 1970 Meksiko

JUANITO Piala Dunia 1970

JUANITO

Seorang anak lelaki yang memakai kit Meksiko dan topi khasnya dengan tulisan “MEXICO 70”. Namanya adalah “Juan” kecil, sebuah nama umum yang berasal dari bahasa Spanyol.

Piala Dunia 1974 Jerman

TIP AND TAP Piala Dunia 1974

TIP AND TAP

2 anak lelaki memakai kostum Jerman, dengan tusilan di baju pertama WM yang artinya Weltmeisterschaft, Piala Dunia dan satu lagi tertulis nomor 74 yang merupakan tahun berlangsungnya piala dunia.

Piala Dunia 1978 Argentina

GAUCHITO Piala Dunia 1978

GAUCHITO

Maskot yang berbentuk anak lelaki yang menggunakan kostum Argentina. Dan memakai topi dengan tulisan ARGENTINA 78, neckerchief dan juga cambuk khas dari gauchos.

Piala Dunia 1982 Spanyol

NARANJITO Piala Dunia 1982

NARANJITO

Jelmaan buah jeruk, yang merupakan buah khas dari Spanyol, menggunakan kit timnas tuan rumah. Diberi nama dengan bahasa Spanyol yaitu Naranjito yang artinya Naranja = oranye, dan –ito = sufiks kecil.

Piala Dunia 1986 Meksiko

PIQUE Meksiko Piala Dunia 1986

PIQUE

Masakan khas Meksiko Lada jalapeño, diberi kumis dan gunakan sombrero. Berasal dari picante, spanyol yang artinya paprika pedas dan saus.

Piala Dunia 1990 Italia

CIAO Piala Dunia 1990

CIAO

Pemain tongka dengan kepala berbentuk bola sepak dan badan tricolore Italia. Namanya berasal dari bahasa Italia.

Piala Dunia 1994 USA

STRIKER Piala Dunia 1994

STRIKER

Hewan peliharaan pada umumnya di AS yaitu seekor anjing, memakai seragam sepak bola merah putih dan biru dengan tulisan “USA 94”.

Piala Dunia 1998 Prancis

FOOTIX Piala Dunia 1998

FOOTIX

Jelmaan Seekor ayam betina, sebuah simbol nasional dari negara Prancis, dengan tulisan “FRANCE 98” di dada. Tubuhnya yang berwarna biru, seperti kemeja timnas tuan rumah dan namanya portmanteau yang artinya “sepak bola” dan ending “-ix”, sebuah nama akhir kata dari nama yang umum di banyak orang Galia. Nama lain yang sempat diusulkan adalah “Raffy”, “Houpi” dan “Gallik”.

Piala Dunia 2002 Korea-Jepang

NIK, ATO, KAZ Piala Dunia 2002

NIK, ATO, KAZ

Disain yang dibuat dengan komputer berwarna Oranye, ungu dan biru yang futuristik. Dengan kolektif “Atmoball”, Ato merupakan pelatih sementara Kaz dan Nik adalah pemain. 3 nama individu itu dipilih dari daftar pendek oleh pengguna di Internet dan di gerai McDonald’s di negara tuan rumah.

Piala Dunia 2006 Jerman

GOLEO Piala Dunia 2006

GOLEO

Jelmaan hewan singa yang memakai kemeja Jerman dengan tulisan nomor 06 dan sebuah bola yang dapat berbicara bernama Pille. Goleo merupakan portmanteau yang berarti “tujuan” dan “leo” kata Latin untuk singa. Di Jerman, “Pille” adalah istilah biasa untuk sepakbola.

Piala Dunia 2010 Afrika

ZAKUMI Piala Dunia 2010

ZAKUMI

Zakumi merupakan seekor macan tutul, binatang biasa ditemukan di Afrika Selatan, dengan rambut hijau menggunakan kaos bertulis Afrika Selatan 2010. Warna hijau dan emas Zakumi wakili warna tim nasional Afrika Selatan. Berasal dari “ZA”, untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, sebuah bahasa yang artinya “sepuluh” dari bermacam bahasa Afrika.

Piala Dunia 2014 Brasil

FULECO Piala Dunia 2014

FULECO

Seorang armadillo 3 bandir Brasil memakai kaos putih yang tertulis “Brasil 2014”. Armadillo 3 bandir Brasil cuma ditemukan di Brasil dan diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan, dan pemilihan Fuleco memancing perhatian pada bermacam hayati Brasil. Nama Fuleco ialah portmanteau dari kata “Futebol” yang artinya Sepak Bola dan “Ecologi” yang artinya Ekologi.

Piala Dunia 2018 Rusia

ZABIVAKA Piala Dunia 2018

ZABIVAKA

Maskot yang berbentuk serigala dengan memakai kacamata. Jelmaan dari Serigala putih dengan nama yang diambil dari bahasa Rusia yang artinya “Sang Pencetak Gol”.