Mengapa Adidas Memiliki Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Jumbo Dan Mini?

Adidas telah dipercaya lagi menjadi partner FIFA untuk membuat bola di kompetisi bergengsi empat tahunan di planet ini yaitu Piala Dunia. Mereka pun telah memproduksi berbagai variasi dan beberapa diantaranya berukuran tidak normal yaitu jumbo dan mini. Namun apa sih alasan mereka sebenarnya?

Tren Membeli Bola Piala Dunia 2018

Memang sudah menjadi tren di setiap perhelatan akbar seperti Piala Dunia 2018 ini, penjualan perlengkapan olahraga sepak bola mulai melebihi target bulanan mereka. Hal ini termasuk bola yang dimainkan di lapangan Piala Dunia yaitu Adidas Telstar 18,  entah sebagai latihan para timnas, suvenir para penggemar atau representasi perasaan cinta mereka terhadap olah raga ini.

Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Jumbo

Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Jumbo

Banyak yang dilepas dipasaran baik bola replika, asli bahkan replika yang diakui sebagai asli. Bahkan Adidas sendiri memproduksi bola asli Piala Dunia 2018 dengan ukuran yang berbeda, jumbo dan mini. Walaupun serupa dengan aslinya, namun beberapa diantara kita ada yang penasaran, alasan bola yang berbeda ukuran itu dibuat.

Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Jumbo

Tentu sudah bisa dipastikan bola yang berukuran jauh lebih besar daripada bola rata-rata untuk pertandingan bukan untuk dimainkan di lapangan, apalagi di kompetisi besar. Namun bola yang diketahui berdiameter 80 cm itu berfungsi hanya sebagai dekoratif semata, baik di kamar penggunanya atau pun sebagai pajangan di toko olahraga sehingga membuat para konsumen tertarik untuk datang. Hanya saja jika digunakan untuk kompetisi tidak resmi, bola jumbo Piala Dunia 2018 itu juga masih bisa dimainkan.

Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Jumbo

Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Jumbo

Berbeda sedikit dengan bola asli Piala Dunia 2018, bola setinggi paha orang dewasa itu itu dibuat dengan jahitan, bukan dengan teknologi thermal bonding, namun tetap menawarkan ketahanan dan sentuhan yang bagus. Selain itu bola raksasa itu tidak disematkan chip NFC dan tidak menggunakan enam panel sebagai pelapis bola tersebut seperti bola asli untuk pertandingan Piala Dunia 2018.

Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Mini

Pada dasarnya bola Piala Dunia 2018 berukuran mini ini memiliki penampilan sama persis dengan bola asli Piala Dunia yang berukuran normal yang digunakan di Piala Dunia 2018. Walaupun tanpa chip NFC namun bola ini menggunakan 6 panel, terinspirasi oleh lanskap perkotaan Rusia, tak seperti bola berukuran jumbo. Hanya saja bola mini Piala Dunia 2018 ini memiliki inti busa padat sehingga tidak perlu di pompa seperti bola Piala Dunia yang asli berukuran normal.

Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Mini

Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Mini

Walaupun tidak digunakan dipertandingan utama Piala Dunia, bola Piala Dunia 2018 mini tersebut tak hanya bisa menjadi pajangan koleksi di kamar, sebagai hadiah atau dimainkan untuk anak balita, namun juga bisa dimainkan. Dimainkannya pun bukan hanya untuk pertandingan di lapangan akan tetapi sebagai alat untuk mengasah keterampilan si pemilik dalam mengontrol bola atau juggling.

Harga Bola Piala Dunia 2018 Berukuran Jumbo dan Mini

Harga yang ditawarkan di situs adidas.co.uk, untuk bola Piala Dunia 2018 berukuran Jumbo adalah 249,95 poundsterling atau sekitar 4,6 juta rupiah per buah. Sementara untuk bola Piala Dunia 2018 berukuran mini, dilepas sebesar 12,95 juta poundsterling atau sekitar 240 ribu rupiah per buah.

Dan sekedar perbandingan, harga bola asli Piala Dunia 2018 dengan teknologi NFC dibandrol sekitar 129,95 poundsterling atau senilai 2,4 juta rupiah sementara replikanya tanpa teknologi NFC dibandrol sekitar 29,95 poundsterling atau senilai 555 juta rupiah. (entah mengapa harga di Adidas.co.uk lebih mahal dibandingkan dengan Adidas.com dan mengapa harganya berhubungan dengan angka 1, 2 dan 9).

Demikianlah alasan Adidas telah membuat variasi bola Piala Dunia 2018 dengan variasi yang berbeda. Apakah ada tertarik untuk memiliki bola Piala Dunia 2018 berukuran jumbo, mini atau malah yang normal?