Mengapa Courtois Dipilih Conte Menjadi Eksekutor Penalti?

Thibaut Courtois menjadi salah seorang pemain Chelsea yang mengeksekusi adu tos-tosan saat berhadapan dengan Arsenal di Community Shield. Mengapa alasan Antonio Conte menunjuk penjaga gawangnya tersebut sebagai penendangnya?

Pertandingan Community Shield antara Chelsea berhadapan dengan Arsenal pada hari Minggu (6/8/2017) malam WIB di Stadion Wembley, harus berakhir dengan adu penalti usai kedua tim tampil dengan skor seri 1-1 sampai waktu normal berakhir.

Pada babak adu penalti, sebuah keputusan yang tidak terduga telah diambil oleh Conte. Courtois ditunjuk untuk lakukan eksekutor dari tim The Blues. Ia menjadi penendang kedua usai Gary Cahill.

Namun Courtois tidak berhasil memasukkan bola ke dalam gawang. Sepakan penjaga gawang internasional Belgia tersebut melambung jauh di atas mistar gawang. Setelah Courtois tidak berhasil, Alvaro Morata pun tidak dapat melesatkan bola dengan baik setelah tendangannya terbentur tiang gawang.

Sedangkan keempat penendang dari Arsenal berhasil melesatkan tendangan mereka ke dalam gawang. Chelsea pada akhirnya tunduk dengan skor 1-4 dalam adu tos-tosan.

Conte memberi penjelasan tentang mengaapa dirinya menunjuk Courtois sebagai salah seorang penendang Chelsea. Bagi dirinya, Courtois memperlihatkan potensi yang oke sebagai eksekutor penalti sepanjang berlangsungnya latihan.

“Courtois merupakan salah seorang pemain paling oke dalam menendang penalti. Kalau Anda miliki seorang pemain yang memperlihatkan pada Anda sebagai salah satu yang paling oke sepanjang berlangsungnya latihan, Anda pilih dirinya untuk menendang penalti,” kata Conte seperti dilansir pada situs resmi klub.

“Jangan lupa pula Morata merupakan seorang pemain penyerang dan ia lakukan hal yang serupa,” kata dia.