Mengenal Awal Penggunaan Kata Derby Dalam Sepakbola

Istilah dalam sepakbola terus berkembang dari waktu ke waktu, terutama dari Inggris yang banyak menyumbangkan istilah bagi sepakbola di seluruh dunia. Kali ini akan dibahas soal “derby”, yang saat ini dalam Bahasa Indonesia pun tidak akan diterjemahkan dan tetap disebut dengan “derby”.

Derby punya arti sebuah kontes atau pertandingan antara dua rival dari satu daerah yang sama. Jika dua klub (di luar sepakbola) punya sejarah rivalitas, dan juga berada di satu daerah yang sama, sudah pasti akan disebut derby.

Laga derby selalu menarik untuk disaksikan, bahkan di liga yang tidak menarik sekalipun. Sementara derby yang terkenal di dunia antara lain adalah Derby Manchester antara Manchester United dengan Manchester City, Derby Milan antara Inter Milan dengan AC Milan.

Asal kata Derby:

Tidak ada sumber jelas soal asal istilah derby. Namun, dari beberapa sumber yang didapatkan, istilah derby bisa diperkirakan bahwa ini berawal dari sebuah kota kecil yang ada di Ashbourne, Inggris yakni Derbyshire.

Sejak tahun 1200an, dua tim yang berseberangan dari dua belah kota memainkan permainan seperti sepakbola bercampur rugbi yang disebut dengan “Royal Shrovetide Football Match”. Pertandingan ini mempertemukan orang-orang yang berasal sisi yang berseberangan dari sebuah sungai (Sungai Derwent) yang mengalir membelah kota tersebut.

Pertandingan ini dimainkan dengan meletakkan sebuah bola kulit yang telah dicat ke gawang lawan dengan berbagai cara: bisa dengan cara baik atau curang. Kedua gawang berjarak 3 mil atau sekitar 4,8 kilometer! Gawang yang satu berada di Nuns Mill di utara kota, sementara gawang yang lagi berada di Gallows Balk di selatan kota.

Namun, ini hanyalah prediksi dari orang-orang yang menggabungkan antara mitos, dongeng, cerita, dan klaim dari berbagai pihak. Lagipula jika asal kata derby benar-benar dari Royal Shrovetide Football Match di Ashbourne, Derbyshire, Inggris, kenapa istilah yang terkenal bukannya “ashbourne”, “shrovetide”, atau yang lainnya?

Ada cerita lain soal sejarah kata derby. Derby merupakan nama lomba balap kuda bergengsi di Inggris. Lomba ini dicetuskan oleh Edward Smith-Stanley (12th Earl of Derby) di tahun 1780.

Pada tahun 1840-an, istilah “derby” sudah banyak dipakai untuk menyebut beberapa jenis perlombaan, permainan, atau pertandingan olahraga. Istilah ini lalu dipersempit lagi menjadi “local derby” yang artinya pertandingan olahraga di antara rival lokal.

derby liverpool

Istilah derby dipakai di pertandingan sepakbola adalah di headline berita Daily Express pada bulan Oktober 1914: “A local Derby between Liverpool and Everton”. Jadi sebetulnya istilah derby pertama kali dikenal di dunia sepakbola adalah karena Liverpool dan Everton.