Mourinho: MU Sukses Tanggapi Tekanan Tim Rival

Manchester United merespon tekanan dari para rival dengan cara yang elegan, yakni dengan sebuah kemenangan dengan skor yang cukup telak. Secara keseluruhan, permainan MU di laga ini memuaskan sang manajer, Jose Mourinho.

MU meraih kemenangan tiga gol tanpa balas saat bertandang ke markas Sunderland, Minggu (9 April 2017) malam WIB. Pahlawan kemenangan United dalam pertandingan itu adalah Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan, dan Marcus Rashford.

MU sendiri sangat mendominasi permainan ini, dan juga terbantu dengan keunggulan jumlah pemain selama lebih dari separuh pertandingan. The Black Cats sudah bermain dengan 10 orang sejak Sebastian Larsson menerima kartu merah pada menit ke-43.

Tim asuhan Mourinho melakukan penguasaan bola sebesar 70,5%, melepaskan 18 percobaan dengan separuhnya mengarah tepat sasaran seperti yang dicatat whoscored. Sementara tim tuan rumah punya sembilan tembakan dan empat di antaranya mengarah sasaran.

Mourinho sendiri sangat puas dengan respons yang ditunjukkan oleh anak-anak asuhnya, mengingat seluruh tim rival meraih kemenangan sehari sebelumnya. Sehingga ada tuntutan untuk meraup tiga poin untuk menjaga peluang finis empat besar.

“Hasil pertandingan ini sangat bagus. Kami menahan hasil-hasil kemarin ketika Manchester City dan Liverpool menang. Mereka membuat kami berada di posisi antara dua pilihan, ‘Iya’ atau ‘Tidak’ dan kami menjawabnya dengan kata ‘Iya’,” ungkap Mourinho dikutip BBC.

“Kami memperoleh tiga poin dan itu adalah penampilan yang semputna. Ini adalah laga melawan tim yang nuansanya sedih, normal saja. Melawan tim yang sedih seperti ini, kalau Anda mencetak gol lebih dulu maka sulit bagi mereka untuk membalas.”

MU saat ini ada di peringkat lima klasemen sementara Premier League dengan perolehan 57 poin dari 30 laga, tertinggal enam angka dari Liverpool yang sudah bermain 32 kali dan empat poin di belakang Manchester City yang bermain 31 kali.