Neymar Diumumkan Mendapat Penghargaan Samba d’Or Ketiga Kalinya

Neymar, Samba d'or, PSG

Neymar saat mendapat penghargaan Samba d’or

Belum lama ini diketahui bahwa pemain Brasil yang menjadi bintang di PSG yaitu Neymar, telah berhasil memenangkan penghargaa Samba d’Or 2017. Ini bukanlah yang pertama untuknya, melainkan untuk ketiga kali dalam perjalanan karirnya.

Samba d’Or sendiri merupakan penghargaan sepakbola yang diberikan kepada pesepakbola Brasil terbaik di Eropa, yang diberikan oleh Perusahaan Sambafoot. Penghargaan perdana tersebut dibuat pada tahun 2008 dimana The Samba Gold akan ditentukan oleh tiga panel pemilih: wartawan, pemain sepak bola dan suara dari pengguna internet. , Saat pertama kali diluncurkan, pemenang perdana penghargaan tersebut dikuasai oleh Kaka yang saat itu membela AC Milan.

Dalam tahun ini, Neymar berhasil diakui lagi sebagai pemain Brasil terbaik di Eropa setelah sebelumnya ia meraih untuk pertama kalinya pada tahun 2014 disusul ditahun berukutnya, 2015. Namun sayangnya di tahun 2016, oleh rekan senegaranya yang membela Liverpool, Philippe Coutinho. Meskipun demikian, saat itu Ia bertengger diperingkat kedua dengan selisih 4,25 %.

Dalam penghargaan tahun ini, Neymar menang mutlak dengan peraihan dukungan sebesar 27,31%. Sementara Coutinho, yang masih disebut-sebut sebagai pengganti untuk Neymar di Barcelona yang potensial,  harus puas berada diposisi kedua dengan selisih yang cukup jauh yaitu sebesar 11,07 %.

Diposisi ketiga, pemain bek kiri dari Real Madrid yaitu Marcelo, memiliki selisih tipis 2,21 % dengan Coutinho, dan sisanya disebar untuk Paulinho, Casemiro dan juga striker muda dari Manchester City, Gabriel Jesus.

Dengan keberhasilannya ini, Ia mampu menyamai catatan rekannya yang lebih senior, yang kini berada dalam satu klubnya yaitu Thiago Silva. Silva sendiri telah memboyong penghargaan tersebut tiga tahun secara beruntun dari tahun 2011 sampai 2033.

Walaupun kemenangannya telah diumumkan, Neymar akan menerima pialanya di sebuah upacara di Paris pada bulan Februari mendatang.

Sementara itu hingga tengah musim pertama kampanye 2017-18 ini, pemain berusia 25 itu itu telah mencetak 17 gol dalam 20 penampilan untuk PSG, setelah Ia melepaskan diri dari klub yang membesarkan namanya selama empat tahun terakhir, degnan kesepakatan yang menjadi transfer pemain sepak bola termahal di dunia sebesar 222 juta euro pada Agustus lalu.