Neymar Harus Atasi Rasa Takutnya Sebelum Bermain di Piala Dunia 2018

Pemain bintang Brasil mengakui bahwa dirinya harus bisa mengatasi rasa ketakutannya sendiri saat dia kembali dari cedera untuk membela timnasnya di Piala Dunia 2018 yang diadakan di Rusia. Beruntung walaupun dirinya telah menunjukkan pemulihannya dengan baik namun Paris Saint Germain telah berhati-hati untuk menggunakannya di sisa pertandingan di musim ini.

Memang mantan pemain Barcelona yang ditebus oleh PSG dengan tebusan sebesar 222 juta euro itu, telah menjalani karir di klub barunya dengan baik, dimana ia telah mencetak 28 gol dan 15 assist dari 30 pertandingan yang melibatkannya dimusim ini.

Neymar sesaat sebelum terjadi insiden cedera hadapi dengan Bouna Sarr

Neymar sesaat sebelum terjadi insiden cedera hadapi dengan Bouna Sarr

Namun angka itu terhenti saat ia menghadapi Marseille pada bulan Februari lalu dalam kompetisi Ligue 1. Pasalnya Ia mengalami cedera kaki yang membuatnya harus menjauh dari lapangan hingga saat ini, yang sempat mengancamnya untuk tak bisa dimainkan di Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan pada pertengahan Juni mendatang. Namun sepertinya kini ia sudah tampak berada di jalur yang tepat untuk beraksi di Piala Dunia bersama timnasnya.

Meskipun demikian, Ia telah memiliki kenangan yang tidak menyenangkan di Piala Dunia sebelumnya, di tahun 2014 lalu. Pasalnya setelah ia mengalami cedera juga saat menghadapi timnas Kolombia dibabak perempat final, bahkan lebih parah dimana ia di hantam punggungnya oleh Juan Camilo Zúñiga. Walaupun saat itu timnasnya menang namun di babak semi final, Brasil dipermalukan dengan skor 1-7.

Neymar cedera setelah dihantam lutut Juan Camilo Zúñiga di piala Dunia 2014

Neymar cedera setelah dihantam lutut Juan Camilo Zúñiga di Piala Dunia 2014

Kini ia sedang mempersiapkan diri untuk pertandingan pembuka di Grup E Brasil menghadapi Swiss yang akan diselengarakan di Rostov pada 17 Juni mendatang dan berharap ia mampu menaklukkan ketakutannya sendiri.

Ia pun mengungkapkan kepada Zico dalam wawancara untuk saluran YouTube resmi dari mantan pemain internasional Brasil. “Ekspektasi sangat besar menjelang Piala Dunia mendatang. Semuanya berjalan lancar, terima kasih kepada Tuhan. Saya mulai berjalan lagi, ya, namun saya takut untuk kembali. “.

Ia menambahkan, “Yang harus saya lakukan adalah menyingkirkan rasa takut itu secepat mungkin untuk mencapai Piala Dunia dalam kondisi baik. Awalnya buruk, orang takut melakukan gerakan yang salah tapi sedikit demi sedikit Anda akan berhasil kembali.”.

Neymar dan Tite di timnas Brasil

Neymar dan Tite di timnas Brasil

Dengan kemungkinan besar Neymar pulih dan mampu membela timnas Brasil di Piala Dunia 2018 mendatang, para pendukung Brasil seharusnya akan senang, terutama jika sang pemain bisa mengatasi rasa ketakutannya sendiri saat dia kembali dari cedera dan berlaga. Setidaknya mereka bisa berharap mampu meningkatkan performa jawara lima kali Piala Dunia, setelah bek mereka Dani Alves dari PSG yang baru mengalami cedera dan Filipe Luis dari Ateltico Madrid belum pulih dari cedera.