Pemain Muda Yang Mengalahkan Performa Mbappe

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Kylian Mbappe merupakan salah salah satu pemain muda yang sangat berbakat di sepanjang sejarah sepak bola. Ya, Ia merupakan salah satu diantaranya karena tercatat ada beberapa pemain yang tak kalah cemerlang darinya saat seusianya. Namun siapakah pemain berbakat  saat muda yang (mungkin) lebih baik dari Mbappe dalam dua dekade terakhir .

Wayne Rooney (Lahir 1985- / Karir bermain 2002-)

Pemain asal Inggris ini telah berhasil menjadi pencetak gol terbanyak bersama timnasnya hingga saat ini. Ia berhasil mengalahkan Bonny Charlton dan Gary Lineker dengan mencetak 53 gol dari 119 pertandingan yang melibatkannya dari tahun 2003-16.

Wayne Rooney saat mencetak gol di Everton saat masih muda

Wayne Rooney saat mencetak gol di Everton saat masih muda

Rooney sendiri bisa disebut lebih baik dari Mbappe saat usianya yang sama dimana ia memulai debutnya bersama Everton dari usia 16 tahun. Bahkan sebelum berusia 17 ia menjadi pencetak gol termuda Everton dan pencetak gol termuda Premier League. Ia pun dilibatkan di tim utama sejak saat itu dan dilibatkan dalam 77 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak 17 gol.

Mbappe lebih baik dalam hal jumlah gol di dua tahun pertamanya di Monaco, namun jumlah keterlibatannya bersama tim utama Rooney lebih banyak dimana artinya kemampuan Rooney dan pengaruhnya di tim sangat diperhitungkan oleh rekannya.

Lionel Messi (Lahir 1987– / karir bermain 2004- )

Sulit memperdebatkan bahwa pemain berusia 31 tahun ini menjadi salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Namun sebenarnya ia telah menjadi pemain terbaik juga saat masih muda. Bahkan Ronaldinho sempat mengatakan bahwa Messi, yang saat itu masih berusia 16 tahun, bisa menjadi pemain yang lebih baik dari dirinya sendiri. Padahal kita tahun bahwa Ronaldinho sendiri juga merupakan salah satu pemain hebat di dunia. Tentu pengakuannya bisa menjadi salah satu sumber yang bisa diakui kebenarannya.

Lionel Messi selebrasi gol bersama Ronaldinho saat mencetak gol pertama kali di tim utama Barcelona

Lionel Messi selebrasi gol bersama Ronaldinho saat mencetak gol pertama kali di tim utama Barcelona

Diketahui pada tahun 2006, Inter Milan siap menandingi pembelian besar-besaran untuk seorang  Messi yang saat itu berusia 19 tahun. Bahkan mereka berani merogoh kantong 150 juta euro untuk merekrutnya dan membayar tiga kali lipat dari gajnya saat itu. Namun bintang muda itu akhirnya menolak tawaran itu karena sejarah perekrutannya. Namun yang jelas saat itu Barcelona hampir kehilangannya. Dan kini Ia telah mencetak lebih dari 550 gol untuk bintang Barcelona dan memenangkan lebih dari 30 piala di lemarinya.

Michael Owen (Lahir 1979– / Karir Bermain 1997-2013)

Owen memang  telah gantung sepatu di Stoke City pada tahun 2013. Meskipun demikian, Ia menjadi salah satu dari lima topskorer di timnas Inggris dnegan 40 gol dari 89 pertandingan yang melibatkannya dari tahun 1998-2008.

Michael Owen mencetak gol di pertandingan perdananya di Premier League 1996 menghadapi Wimbledon

Michael Owen mencetak gol di pertandingan perdananya di Premier League 1996 menghadapi Wimbledon

Ia pun telah menghasilkan 222 gol dari 482 laga di semua kompetisi saat membela Liverpool, Real Madrd, Newcastle United, Manchester United dan Stoke City. Namun yang menarik adalah dua musim penuh pertamanya saat menjejakkan karir di sepak bola senior dimana ia telah menghasilkan 26 gol dari 84 laga di semua kompetisi.

Veteran Liverpool Karl-Heinz Riedle juga terkesan dengan performanya saat itu dan mengatakan, “Sulit dipercaya ketika Anda melihat dia bermain untuk menyadari bahwa dia baru berusia 17 tahun,” dan kata-katanya tersebut terbukti dimana ia menjadi pemain bintang Liverpool dan meraih berbagai penghargaan seperti sepatu emas Premier League dua musim perdananya bahkan masuk dalam FIFA 100 dan English football Hall of Fame 2014 lalu.

Pemain lainnya

Sebenarnya masih ada Pele dan Duncan Edwards, namun keduanya bermain lebih dari dua dekade lalu. Pele yang lahir 1940, mengawali karier di tahun 1956 bahkan terhenti di tahun 1977, namun dua tahun perdananya diawal karirnya bersama Santos, ia mencetak 100 gol lebih saat diturunkan timnya kurang dari 90 pertandingan saat itu. Bahkan dalam dua tahun tersebut, ia dilibatkan di tim utama Brasil dan mencetak 8 gol di turnamen kompetitif.

Sementara disisi lain Duncan yang laih 1936, telah menghentikan karirnya di usia 21 tahun karena kecelakaan udara pada tahun 1958. Meskipun demikian, ia telah menjalani karirnya selama lima tahun dan masih dianggap sebagai salah satu pesepakbola paling berbakat yang pernah ada di Inggris.

Sir Bobby Charlton sempat bermain dengannya saat itu dan menjadi saksi keperkasaaanya dimana ia kuat di udara, tidak bisa ditaklukkan dalam tackle dan bertanding tanpa lelah di lapangan. Sayangnya ia tak bisa menampilkannya saat ini dan mencatatkan berbagai rekor lainnya.

Namun itulah tiga pemain yang berbakat  saat masih muda, yang (mungkin) lebih baik dari Mbappe dalam dua dekade terakhir . Adakah pemain lain yang menurut anda bisa menyamai performa Mbappe bahkan mengalahkannya?