Perlukah Arsenal Menjual Mesut Ozil?

Masa depan Arsenal sepertinya bisa mengarah ke hal yang lebih baik. Bagaimana tidak, beberapa perubahan telah terjadi mulai dari pergantian kepelatihan dan juga perekrutan pemain baru. Namun ada beberapa hal yang masih perlu ditinjau seperti keberadaan pemain andalan mereka yaitu Mesut Ozil. Perlukah mereka mempertahankan pemain asal Jerman itu di Emirates Stadium, atau haruskah mereka menjualnya untuk mendapatkan dana segar dan pengganti yang lebih baik?

Mesut Ozil saat beraksi besama Arsenal

Mesut Ozil saat beraksi besama Arsenal

Profil Mesut Ozil

Ozil mengasah dirinya di berbagai akademi sepak bola dari usianya tujuh tahun. Ia mengakhiri karir juniornya  di akademi Schalke 04, setelah dipromosikan ke tim utama mereka pada tahun 2006. Namun saat ia ditawarkan untuk memperpanjang kontrak, ia menolaknya dengan alasan penghasilannya kecil. Ia pun beralih menuju Werder Bremen pada Januari 2008 lalu dengan tebusan 5 juta euro dengan masa bakti selama lima tahun .

Perlahan ia mulai memantapkan diri di posisinya ditengah lapangan, bahkan pada musim penuh keduanya, ia mencetak 11 gol dari 46 pertandingan yang melibatkannya di semua kompetisi.  Dengan sumbangan 9 gol dan 17 asisst di 31 laga di Bundesliga 2009-10 itu, Ia membantu timnya mencapai peringkat ketiga klasemen. Ia juga membantu timnya mencapai final DFB Pokal namun sayangnya harus gagal dengan skor 4-0 saat menghadapi Bayern Munich.

Dengan performanya yang apik di tengah lapangan, dan kinerjanya di Piala Dunia 2010, ia membuat Real Madrid tertarik untuk memboyongnya . Akhirnya ia pun berhasil direkrut dengan tebusan 15 juta euro. Ia langsung menjadi bagian penting dari timnya memperlancar transisi bola  ditengah lapangan dan juga menyumbangkan banyak gol.

Mesut Ozil pemain dengan tebusan termahal Arsenal di tahun 2013

Mesut Ozil saat pertama kali bergabung bersama Arsenal

Arsene Wenger pun tertarik dengan keahliannya dan membuat Arsenal menebusnya dengan nominal 50 juta euro selama lima tahun kontrak. Ia pun menjadi pemain Jerman dengan transfer termahal saat itu. Diketahui ia pergi karena kepercayaan pelatihnya saat itu tak seperti yang ia inginkan, sementara dengan Wenger semua kebalikannya. Dan hingga kini, ia menjadi salah satu pemain andalan Arsenal walaupun rekannya Alexis Sanchez pergi menuju Manchester United.

Arsenal dan transfer musim panas 2018

Kini Arsenal telah memiliki manajer baru yaitu Unai Emery, setelah Wenger mengundurkan diri dari klub yang diasuhnya selama 22 tahun. Ini  yang merupakan perubahan yang sangat menggembirakan bagi sebagaian besar pendukungnya. Selain itu Arsenal juga telah berhasil melakukan penandatanganan, Bernd Leno , Sokratis Papastathopoulos, Lucas Torreira dan Mattéo Guendouzi belum lama ini. bahkan mereka juga mendapatkan bek Juventus Stephan Lichtsteiner, secara gratis.

Walaupun memiliki pemain baru, namun mereka juga kehilangan 3 pemain lamanya sebut saja Per Mertesacker, Santi Cazorla dan Jack Wilshere. Mertesacker jarang dimainkan di musim lalu dan kini menjadi pelatih kiper Arsenal, sementara Cazorla yang tak pernah sama sekali tampil di musim lalu karena pemulihan cederanya yang membutuhkan waktu lama, dan akhirnya beralih menuju Villarreal secara gratis. Wilshere juga pergi secara gratis menuju West Ham. Dan ini adalah satu-satunya keberangkatan nyata Arsenal.

Diketahui Arsenal telah menghabiskan dana sekitar 67 juta poundsterling untuk pendatang baru, namun mereka belum memperoleh pemasukkan. Dan salah satu cara untuk menutup dana besar itu adalah dengan menjual pemain andalan mereka.

Perlukah Arsenal menjual Mezut Ozil?

Arsenal akan lepaskan Mesut Ozil

Perlukah Mesut Ozil dilepaskan Arsenal untuk mendapatkan dana segar?

Dari berbagai pemain Arsenal diketahui nama Mesut Özil muncul. Pasalnya ia (dan juga rekannya Alexis Sanchez) sempat menunda-nunda perpanjangan masa kontrak mereka di musim lalu, bahkan  meminta kenaikan gaji secara signifikan. Selain itu, apakah dia pemain yang cocok dengan strategi Unai Emery? Sepertinya dengan taktik dan gaya permainannya saat mengasuh Sevilla dan PSG, dia menyukai tim yang menekan lawan dengan intensitas tinggi dan serta aktif menyerang. Sayangnya Ozil kurang mewakili hal tersebut.

Arsenal telah memiliki Alexandre Lacazette dan Piere Emerick Aubameyang, sepertinya mereka telah menjalin kerja sama yang lebih baik dibandingkan musim lalu. Disisi lain, mereka juga memiliki Henrikh Mkhitaryan yang memiliki visi dan passing seperti Ozil, namun memiliki kecepatan yang lebih baik dan memiliki etos kerja tim yang baik juga. Dan inilah alasan mengapa perlunya menjual Ozil bukanlah ide yang buruk. Harga jualnya pun terbilang sangat baik sehingga memberikan dana segar untuk mereka saat ini.

Mungkinkah Mesut Ozil memiliki tempat di tim Arsenal dan menjadi kunci keberhasilan masa depan mereka? Apakah Unai Emery perlu menjualnya untuk mendapatkan dana segar, dan menutupi pengeluaran mereka di musim panas ini? Akan menarik melihat langkah mereka dalam waktu dekat dan melihat performa Arsenal tanpa Arsene Wenger. ( Baca juga Penyesalan Arsene Wenger selama di Arsenal).