Peta Kekuatan Peserta Piala Dunia 2018 Grup A-H

logo dan gambar piala dunia 2018 rusia

Total 32 negara bakal saling sikut untuk menjadi yang terbaik pada Piala Dunia 2018 yang berlangsung dari 14 Juni sampai 15 Juli 2018. Rusia yang berstatus sebagai tim tuan rumah diberi kesempatan melakoni partai pembuka di Stadion Luzhniki, Moskwa, 14 Juli 2018, menghadapi tim asal Arab Saudi.

Peserta lain yang terbagi dalam delapan grup bakal bertarung satu hari kemudian sampai pertandingan duel terakhir fase grup pada 28 Juni 2018. Sementara untuk babak 16 besar bakal bergulir mulai 30 Juni sampai final di Stadion Luzhniki pada 15 Juli 2018.

Lantas seperti apa serunya persaingan di masing-masing grup? Berikut ini peta kekuatan peserta Piala Dunia 2018 dan peluang untuk menjadi juara di turnamen paling akbar sejagat raya itu.

GRUP A PIALA DUNIA 2018

1. Rusia

timnas rusia piala dunia 2018

Rusia dengan predikat sebagai tuan rumah tentu berhak mengisi pot 1, akan tetapi sejatinya mereka merupakan tim dengan ranking terendah yang turut berpartisipasi di Piala Dunia 2018 mendatang. Walau demikian Rusia punya skuat yang bisa dikatakan seimbang mulai dari barisan depan, tengah, hingga belakang kendati tak ditempati pemain bintang.

Barisan pertahanan mereka dikomandoi oleh kapten yang sekaligus penjaga gawang inti yang sempat digadang-gadang sebagai wonderkid, Igor Akinfeev. Sementara sektor tengah mereka mengandalkan duet CSKA Moscow, Alan Dzagoev dan Aleksandr Golovin yang ditugaskan mengatur tempo permainan. Lalu lini serang mereka ditempati para striker yang produktif di liga lokal macam Fedor Smolov dan Aleksandr Kokorin.

2. Arab Saudi

timnas arab saudi piala dunia 2018

Di atas kertas Arab Saudi terlihat sebagai negara terlemah di Grup A. Mereka cuma unggul dua strip di atas Rusia pada ranking peringkat FIFA terbaru. Dari segi materi pemain, nama-nama yang diikutsertakan juga hanya berkecipung di liga lokal saja.

Satu pemain Arab Saudi yang paling menonjol ialah Mohammad Al-Sahlawi, ujung tombak klub Al-Nassr. Striker gaek berusia 30 tahun tersebut masih punya kecepatan sekaligus olah bola yang tidak kalah dari pemain-pemain bintang. Pada babak kualifikasi lalu, Al-Sahlawi keluar sebagai top skorer dengan 16 gol.

3. Mesir

timnas mesir piala dunia 2018

Usai tak berpartisipasi selama lebih dari 28 tahun, pada akhirnya Mesir memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2018. Pada fase kualifikasi, mereka tampil gemilang dengan finis di posisi puncak walau berada di grup neraka bersama Ghana dan Republik Kongo. Dari enam pertandingan yang dilalui, mereka cuma menelan satu kekalahan dari Uganda.

Dari segi komposisi pemain, tim berjuluk The Pharaohs mempunyai lini serang mematikan. Aksi Mohamed Salah tentunya sangat ditunggu para pecinta sepakbola di seantero dunia. Penampilan impresif di Liverpool menyetarakan dirinya dengan megabintang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Disamping Salah, Mesir masih punya Mohamed Elneny di lini tengah, dan Ahmad Hegazy sebagai bek andalan.

4. Uruguay

timnas uruguay piala dunia 2018

Uruguay bisa dibilang adalah tim dengan materi pemain paling top di Grup A Piala Dunia 2018. Kemudian dari segi tradisi, La Celeste jadi satu-satunua kesebelasan yang pernah jadi kampiun juara dunia di grup ini. Di Brasil 2014, mencapai babak 16 besar, dan di Afrika Selatan 2010, mereka menjadi tim peringkat tiga.

Pemain-pemain senior mulai dari Luis Suarez, Edinson Cavani sampai Diego Godin menjadi modal penting dalam mengarungi Piala Duia kali ini. Apalagi kehadiran para baru macam Rodrigo Bentancur dan Lucas Torreira juga mencuri perhatian khalayak. Melihat komposisi pemain dari keempat tim terlihat satu tiket ke fase gugur sudah menjadi milik Uruguay.

GRUP B PIALA DUNIA 2018

1. Portugal

timnas portugal piala dunia 2018

Menyambut ketatnya persaingan di Grup B nanti tentu saja Portugal akan bertumpu pada sosok sentral Cristiano Ronaldo yang memang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Bintang Real Madrid tersebut bakal ditopang para pemain kreatif seperti Joao Moutinho, Luis Nani, sampai Ricardo Quaresman. Pemain-pemain itu terbukti ciamik ketika menjalani babak kualifikasi lalu.

A Seleccao das Quinas juga percaya diri melaju jauh di Piala Dunia 2018, pasalnya sekarang ini mereka berstatus sebagai juara Piala Eropa 2016 lalu setelah mengalahkan tuan rumah Prancis di babak final.

2. Spanyol

timnas spanyol piala dunia 2018

Kekuatan Spanyol memang tak perlu diragukan lagi, mereka menjadi satu-satunya tim yang bisa merangkai tiga trofi bergengsi sekaligus yakni Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012. Meskipun setelah itu mereka gagal total di dua kompetisi elite selanjutnya. Akan tetapi La Furia Roja memiliki bekal positif dalam kunjungan ke Rusia tahun ini.

Mereka kini mulai mengorbitkan pemain-pemain muda untuk masuk ke dalam tim utama sebut saja Marco Asensio, Lucas Vazquez, Isco, sampai Rodrigo. Kehadiran nama-nama senior seperti Andres Iniesta, Sergio Busquets, dan juga Sergio Ramos memberikan kesimbangan di tubuh Tim Matador.

3. Maroko

timnas maroko piala dunia 2018

Maroko memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2018 dengan cara yang tak main-main dimana rekor tak kemasukan satu gol pun dibuat pada babak kualifikasi Piala Dunia zona Afrika. Manajer tim nasional Maroko, Herve Renard, mengakui jika kans timnya melaju ke babak gugur sangat tipis, walau mereka tetap yakin bisa memberikan perlawanan untuk Spanyol dan Portugal. Bek muda Madrid Acrhaf Hakimi adalah satu pemain Maroko yang paling menonjol.

“Mau tak mau kami harus berhadapan dengan dua tim raksasa Spanyol dan Portugal. Walau terlihat sangat sulit, kami bakal melakukan semua usaha untuk lolos ke babak 16 besar,” ujar Renard seusai sesi drawing.

4. Iran

timnas iran piala dunia 2018

Dan slot terakhir ditempati oleh Iran, tim yang juga tak pernah kebobolan pada babak kualifikasi Piala Asia. Satu fakta menarik dari peserta asal Timur Tengah ini ialah sang manajer yang berasal dari Portugal, Carlos Queiroz. Dia adalah yang mendampingi Portugal bertarung di Piala Dunia 2010 silam.

Melihat komposisi skuat yang dimiliki Iran saat ini dimana sebagian besar bertarung di liga domestik, kemungkinan mereka hanya akan menjadi penghibur di grup ini. Pasalnya dua jatah seakan sudah pasti menjadi miliki Spanyol dan Portugal.

GRUP C PIALA DUNIA 2018

1. Prancis

timnas prancis piala dunia 2018

Menempati pot pertama tentu saja membuat Prancis berstatus sebagai unggulan Grup C dan juga juara Piala Dunia 2018. Alasannya, kini tubuh Prancis diisi sejumlah pesepakbola kelas dunia dimulai dari Antoine Griezmann, N’Golo Kante, Hugo Lloris, Kylian Mbappe hingga Paul Pogba? Nama-nama itu seakan menjadi jaminan bagi Les Bleus untuk bertarung dengan para tim besar. Ditambah lagi sosok pelatih Didier Deschamps yang pernah membawa Prancis juara Piala Dunia tahun 1998 lalu.

Di fase kualifikasi zona Eropa kemarin Prancis tampil sangat gemilang dengan keluar sebagai juara grup. Hal itu menunjukkan seberapa besar determinasi dan kokohnya mentalitas para pemain adalah modal penting menuju puncak.

2. Denmark

timnas denmark piala dunia 2018

Bertarung di fase play-off dan mendepak Republik Irlandia adalah jalan yang harus dilalui oleh Denmark agar bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Terkesan susah payah? Sudah pasti. Kendati demikian bakal jadi satu kesalahan besar untuk tim-tim lawan apabila menganggap The Dynamite akan gampang dikalahkan.

Pemain-pemain berpengalaman seperti Christian Eriksen, Nicolai Jorgensen, Simon Kjaer, dan Kasper Schmeichel sebagai tumpuan tentu saja adalah syarat bagi mereka untuk bersaing. Jika dirasa tak cukup tersedia Nicklas Bendtner, Andreas Christensen, dan Kasper Dolberg dengan kualitas di atas rata-rata.

3. Australia

timnas australia piala dunia 2018

Keberhasilan Australia mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2018 memang diraih dengan cara terbilang sulit pasalnya mereka cuma finis di urutan ketiga klasemen akhir babak penyisihan ronde ketiga zona Asia. Kondisi itu membuat tim berjuluk The Socceroos lebih dulu menjalani duel play-off konfederasi menghadapi Suriah sebelum akhirnya menjajal kekuatan Honduras dalam play-off inter-konfederasi.

Untungnya kehadiran pemain-pemain veteran tetapi punya dampak positif di dalam skuat layaknya Tim Cahill, Mile Jedinak, dan Mark Milligan menghadirkan keseimbangan bagi Austalia yang belakangan ini lebih mengandalkan sejumlah talenta muda sebut saja Massimo Luongo, Aaron Mooy, Tom Rogic, dan Trent Sainsbury.

4. Peru

timnas peru piala dunia 2018

Ini adalah kali pertama bagi Peru mencicipi lagi megahnya atmosfer Piala Dunia sejak 1986 silam. Penampilan yang mereka perlihatkan di fase kualifikasi zona Amerika Selatan terbilang cukup impresif karena berhasil mendepak tim yang di atas kertas lebih kuat ketimbang mereka yakni Chile dan Paraguay.

Finis di peringkat kelima klasemen, Peru yang dikomandoi oleh Cristian Cueva, Jefferson Farfan, Paolo Guerrero, dan Renato Tapia lebih dulu menjalani duel pla-yoff inter-konfederasi kontra Selandia Baru (wakil Oseania). Ditahan imbang tanpa gol ketika bertemu di Wellington, Peru berhasil unggul dua gol tanpa balas 2-0 kala menjamu Selandia Baru di Lima.

GRUP D PIALA DUNIA 2018

1. Argentina

timnas argentina piala dunia 2018

Tatkala draing fase grup tampung digelar, Grup D Piala Dunia 2018 menyajikan duel yang menarik untuk disaksikan. Kendati Argentina yang menempati plot 1, sepak terjang Lionel Messi dan kawan-kawan memang kurang memuaskan pada sesi kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan. Bahkan mereka nyaris gagal lolos sebelum mengalahkan Ekuador pada pertandingan terakhir.

La Albiceleste merupakan salah satu tim unggulan di Piala Dunia 2018 karena mereka diisi pemain-pemain kelas wahid. Selain Messi, ada juga Sergio Aguero, Angel Di Maria, Gonzalo Higuain, sampai Nicolas Otamendi adalah jaminan mutu bagi Tim Tango keluar sebagai kampiun kali ini.

2. Nigeria

timnas nigeria piala dunia 2018

Sementara Nigeria, tim berjuluk Super Eagle ini telah lima kali berjumpa dengan Argentina pada fase grup Piala Dunia. Nigeria dan Argentina pernah satu grup di tahun 1994, lalu Piala Dunia 2002 Jepang dan Korea Selatan, dan di dua edisi terakhir yaitu 2010 dan 2014. Dan nahasnya, seluruh pertemuan dimenangkan oleh Argentina masing-masing dengan skor 1-0, 1-0, 1-0, dan teraihir 3-2.

Di kompetisi kasta tertinggi empat tahunan itu Nigeria bakal bertumpu ada pemain-peman yang merumput di ajang elite Eropa mulai dari Vitor Moses, Alex Iwobi sampai Onyinye Ndidi. Mereka otpimistis bisa memberikan perlawanan berarti di grup ini.

3. Kroasia

timnas kroasia piala dunia 2018

Setelah Nigeria, mari kita bahas Kroasia, tim kuda hitam yang harus lebih dulu menjalani babak playoff untuk sampai ke putaran Piala Dunia 2018. Kroasia walau tidak masuk dalam jajaran tim unggulan, akan tetapi mereka memiliki sederet pemain bintang berkualitas yang bermain di liga-liga top Eropa.

Sebut saja Luka Modric, Ivan Rakitic, Mateo Kovacic, Ivan Perisic, sampai Mandzukic menjadikan mereka tim yang sulit untuk ditakhlukan. Kroasia salah satu tim yang difavoritkan untuk lolos dari grup ini bersama dengan Argentina.

4. Islandia

timnas islandia piala dunia 2018

Negara terakhir sudah tentu tim debutan debutan dari Skandinavia, Islandia. Persepakbolaan Islandia memang sedang meningkat pesat dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan selama dua tahun saja mereka telah melakoni debut di turnamen mayor, Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Kekuatan mereka sama sekali tidak boleh dipandang sebelah mata.

Kendati manajer Lars Lagerback sudah mundur dan kini menyeberang ke timnas Norwegia, faktanya dasar yang dibangun oleh Islandia tetap berjalan dengan semestinya. Memastikan satu tempat ke Rusia sebagai juara grup fase kualifikasi ialah bukti bagaimana mentalitas dan agresivitas Islandia teruji.

GRUP E PIALA DUNIA 2018

1. Brasil

timnas brasil piala dunia 2018

Timnas Brasil menuju Piala Dunia 2018 dengan hasil maksimal. Pada babak penyisihan zona CONMEBOL, mereka bermain dengan mudah. Dari 18 laga, Brasil hanya kalah sekali, lima hasil seri, dan 12 keberhasilan. Brasil juga merupakan tim yang rajin menciptakan gol dengan catatan hingga 41 dan 11 kali kemasukan.

Hampir semua pemain dari Brasil memiliki kondisi yang fit, selain Neymar yang masih menjalani pemulihan setelah dioperasi beberapa waktu lalu. Kondisi pemain ini jelas dipertanyakan kali ini. pada Piala Dunia 2014 yang lalu di Brasil, secara tragis mereka dikalahkan Jerman, yang akhirnya merebut gelar juara, dengan skor 1-7. Salah satu kemunduran paling mengerikan untuk mereka.

Pindahnya Neymar sendiri ke Paris Saint-Germain dinilai untuk lepas dari Lionel Messi, dan bersiap sama dengan pemain tangguh lainnya di dunia. Performanya di babak kualifikasi kemarin menjadikannya sebagai bintang tangguh di Piala Dunia mendatang.

Di Ligue 1 Prancis, Ney bersama rekan-rekannya juga berada dalam posisi yang baik. Ada juga Gabriel Jesus yang merupakan salah satu finisher tangguh di Liga Primer Inggris. Selain mereka, ada Roberto Firmino yang dipercaya menjadi bintang andalan Liverpool. Pemain 26 tahun itu sendiri adalah gelandang serang. Namun, Firmino juga bermain di lini depan dengan baik.

Posisi lini kedua di Brasil sepertinya akan dimainkan Gabriel Jesus dan Fernandinho, pemain Manchester City. Phillipe Coutinho, juga kini tengah bersemangat di klub barunya, Barcelona.
Kinerja akan lebih lengkap dengan hadirnya Willian, pemain dari Chelsea dan Renato Augusto yang kini bergabung ke Beijing Gouan. Terdapat juga pemain dari liga lokal, seperti Luan dan Arthur yang membawa Gremio sebagai jawara Copa Libertadores. Dua pemain ini memiliki kemampuan tangguh.

Untuk lini belakang, ada Thiago Silva dan Marquinho dari PSG. Sebagai bek sayap, Brasil memiliki Marcelo dan Dani Alves. Pemain tangguh ini jelas menjadikan Tite, pelatih Brasil mudah membentuk skema jelang laga nanti. Apalagi Tite dikenal dekat dengan para pemainnya.

Namun, jangan lupa dengan timnas lawan Selecao yang lain di grup Grup E yakni Swiss, Serbia, dan Kosta Rika, di mana ketiga timnas ini punya kesamaan, yakni skuat yang hebat, dan memiliki kemampuan tangguh seperti Brasil.

Susunan pemain Timnas Brasil
Kiper : Alisson
Bek : Marquinhos, Thiago Silva, Miranda
Bek Sayap : Dani Alves, Marcelo, Casemiro
Gelandang Bertahan : Fernandinho, paulinho, Renato Augusto, Philippe Coutinho, Willian
Penyerang : Neymar, Gabriel Jesus, Roberto Firmino

2. Kosta Rika

timnas kosta rika piala dunia 2018
Timnas Kosta Rika harus menjadi perhatian karena cara bermain mereka di lapangan. Pada Piala Dunia 2014 silam, tim Oscar Ramirez itu sukses sebagai pemuncak klasemen grup dengan lawannya yakni Italia, Uruguay, dan Inggris.

Performa dan catatan Kosta Rika ini merupakan hal yang harus diperhatikan. Dari sini dapat dilihat jika timnas ini paham bertarung dengan tim besar di Piala Dunia 2018 nanti. Saat tertekan, Kosta Rika justru tahu bermain cantik. Cara bermain dan mental kuat memang menjadi andalan mereka.

Susunan pemain Timnas Kosta Rika
Kiper : Keylor Navas, Patrick Pemberton, Leonel Moreira, Danny Carvajal
Bek : Giancarlo González, Cristian Gamboa, Bryan Oviedo, José Salvatierra, Francisco Calvo, Kendall Waston, Rónald Matarrita, Christopher Meneses
Gelandang : Celso Borges, Christian Bolaños, Yeltsin Tejeda, David Guzmán, Rodney Wallace, Osvaldo Rodríguez, Daniel Colindres
Penyerang : Marco Ureña, Johan Venegas, José Guillermo Ortiz, Bryan Ruiz, Ariel Rodríguez, David Ramírez, Joel Campbell

3. Swiss

timnas swiss piala dunia 2018

Timnas Swiss sendiri cukup berbeda. Negara tuan rumah Piala Eropa 2008 lalu dengan Austria pernah kalah saat melaksanakan laga penting mereka. Tepatnya saat berupaya mendapatkan tiket menuju Piala Dunia 2018. Swiss gagal dari Portugal dengan skor 0-2.

Pengalaman tersebut merupakan gambaran dari perubahan tim di lapangan. Kadang, kondisi akan berbeda saat Piala Dunia dilaksanakan. Namun, di sepak bola, sejarah dan hasil laga sering terjadi lagi. Jadi Swiss bisa menjadi negara non-unggulan di grup ini.

Susunan pemain Timnas Swiss
Kiper : Yann Sommer, Marwin Hitz
Bek : Stephan Lichtsteiner, Léo Lacroix, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Johan Djourou, François Moubandje
Gelandang : Remo Freuler, Granit Xhaka, Valon Behrami, Steven Zuber, Blerim Džemaili, Gélson Fernandes
Penyerang : Breel Embolo, Haris Seferovic, Admir Mehmedi, Mario Gavranovic, Eren Derdiyok

4. Serbia

timnas serbia piala dunia 2018

Timnas Serbia pun dikatakan sama. Sejak pisah dari Yugoslavia, Serbia tidak pernah lolos dari babak grup. Hal ini sama juga kala bernama Serbia Montenegro, negara di posisi ke-37 dunia ini hanya berhasil masuk ke babak 16 besar di Piala Dunia 1998 silam.

Di sisi lain, ketika dapat tampil dengan tingkat disiplin baik, ketiga timnas ini jelas akan menyulitkan timans Brasil. Walau dipandang sebelah mata, Swiss, Serbia, dan Kosta Rika dapat menjadi lawan sulit untuk Brasil.

Brasil memang tetap saja diunggulkan di Grup E Piala Dunia 2018, namun dalam dunia sepakbola, segalanya dapat terjadi termasuk kejatuhan timnas raksasa sekelas Brasil.

Susunan pemain Timnas Serbia
Kiper : Vladimir Stojkovic, Predrag Rajkovic
Bek : Branislav Ivanovic, Aleksandar Kolarov, Antonio Rukavina, Ivan Obradovic, Matija Nastasic, Duško Tošic, Nikola Maksimovic, Dušan Basta
Gelandang : Dušan Tadic, Nemanja Matic, Adem Ljajic, Luka Milivojevic, Andrija Živkovic, Mijat Gacinovic, Marko Grujic, Sergej Milinkovic-Savic
Penyerang : Aleksandar Mitrovic, Aleksandar Prijovic, Ðorde Ivanovic, Andrija Pavlovic

GRUP F PIALA DUNIA 2018

Jumlah 4 negara dari 3 benua sudah siap menyambut ajang Piala Dunia 2018, tentu saja banyak laga
yang dinanti-nanti termasuk persaingan yang cukup sengit di Grup F. salah satu yang mencolok adalah
tim Jerman sebagai sang juara bertahan, ditemani Swedia yang sukses menggusur Italia di babak play-
off, Meksiko yang dikenal dengan garis serangnya yang cepat, dan Korea Selatan yang dikenal sebagai
salah satu raksasa di Asia.

1. Jerman

timnas jerman piala dunia 2018

Grup F bakal mengawali persaingan yang ketat antara Jerman melawan Meksiko. Der Panzer yang
mengusung tujuan untuk terus mengenggam titelnya tentu saja inginkan poin penuh pada pertandingan
pertamanya, untuk muluskan langkah ke babak perdelapan-final. Ditambah lagi, El Tri, yang jadi lawan mereka kali ini, merupakan sebuah tim yang sangat banyak menelan hasil buruk ketika tampil di ajang Piala Dunia, yaitu sampai dengan 25 kali.

Dengan modal skuat yang isinya para pemain hebat, tidak bisa dilewatkan siapa saja pemain yang bakal
Joachim Löw bawa menuju Rusia. Menentukan pilihan ini bukanlah hal yang mudah, karena pilihan yang
bukan sedikit, skuat Jerman sekarang ini dapat dibagi sampai ke beberapa tim.

Yang diperhatikan adalah posisi yang harus Jerman tentukan untuk penjaga gawang, apakah ia tetap
memilih Manuel Neuer yang belum lama sembuh dari cedera saat turnamen berlangsung, dan siapa
yang akan jadi penerus dari Miroslav Klose sebagai ujung tombak Jerman. Apakah Timo Werner? Masih
menggunakan false nine dalam diri Thomas Müller? Atau kembali memilih Mario Gómez?

2. Meksiko

timnas meksiko piala dunia 2018

Meksiko Tentu saja bakal menjadi lawan yang berat untuk Jerman maupun 2 tim lainnya Walau tim
tersebut tidak menjadi tim yang di unggulkan disini. Dengan catatan tanpa kalahan sekalipun di kualifikasi Piala Dunia 2018 dan cuma kebobolan sepasang gol lewat 7 pertandingan di tahap itu, Meksiko sudah perlihatkan kalau mereka merupakan sebuah tim yang hebat dalam melakukan cara bermain bertahan.

3. Korea Selatan

timnas korea selatan piala dunia 2018

Swedia dan Korea Selatan sebagai kontestan lainnya pun tak dapat di pandang dengan sebelah mata,
walau keduanya tak terdaftar dalam kategori tim yang menjadi favorit, dan tak diprediksi bakal melangkah lebih jauh lagi.

Salah satu pemain Korea Selatan yang juga telah meraih anugrah pemain internasional Asia terbaik oleh AFC belum lama ini tentunya bakal menjadi pemain andalan dari tim Korea Selatan pada kompetisi ini.
Dengan didorong 2 pemain gelandang lain yang sama-sama bermain di ajang Liga Primer Inggris, Ki
Sung-yueng (Swansea City) dan Lee Chung-yong (Crystal Palace), keberadaan mereka tentu saja akan
membuat garis serang The Taeguk Warriors di Rusia semakin kental dengan aroma The Three Lions.

4. Swedia

timnas swedia piala dunia 2018

Swedia di ajang Piala Dunia 2018 mereka dapat terus melanjutkan kebiasaan yang sering mereka
lakukan untuk menahan para tim besar turnamen 4 tahunan ini. Sebelumnya, Emil Forsberg dan kolega
sudah tundukkan Prancis di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa yang juga bikin Belanda
tergusur dari tahap tersebut, lalun diakhiri dengan laga yang membuat Italia tergusur di babak play-off.

Tahun depan, harapan yang dimiliki Swedia menjadi makin oke kalau bisa tundukkan atau malah
menangkan laga atas tim nasional Jerman.
Pencapaian yang telah diraih oleh Swedia ini dapat dikatakan sudah membuat public terkejut, sebab
mereka sudah tidak ada lagi sosok sang legenda hidup, Zlatan Ibrahimovic. Tetapi, tak adanya sosok

Zlatan sepertinya malah menjadi sebuah efek di masa yang baru untuk Swedia, seperti yang sempat
dikatakan oleh sang pelatih, Janne Andersson, usai akhiri laga dengan skor seri melawan Italia 0-0 di
San Siro.

“Saat Ibrahimovic ada di dalam tim, Swedia tampilkan sepak bola yang beda. Tetapi usai dirinya sudah tidak lagi bersama dengan tim ini, Swedia sudah banyak melakukan penyesuaian diri dan temukan cara yang baru”.

Jerman dengan generasinya yang baru berupaya untuk terus pertahankan titel yang sudah mereka
genggam, Meksiko dan Swedia dengan cara bermain barunya berusaha memutar balik semua prediksi
yang ada, dan Korea Selatan dengan sebuah penampilannya yang baru bakal berusaha membalas
kekalahan dari Jerman ketika laga di babak semifinal Piala Dunia 2002, yang membuat harapan mereka

untuk lolos ke babak final di markas sendiri.
Grup F adalah grup yang mempertemukan para tim kelas dunia yang tidak boleh dilewatkan seberasa
sengit perselisihannya, penuh cara dan gaya yang baru.

GRUP G PIALA DUNIA 2018

Kali ini kami akan membahas secara lengkap tentang negara yang masuk dalam kualifikasi akhir Piala Dunia 2018 untuk grup H. Dalam grup ini, terdapat dua negara yang telah berpengalaman di turnamen ini yaitu Beliga dan Inggris. Namun ada juga juga ada negara yang telah absen tiga turnamen terakhir yaitu Tunisia dan yang lebih menarik lagi, adalah grup ini memiliki juga negara yang baru pertama kali lolos kebabak kualifikasi Piala Dunia, sejak keterlibatannya di kompetisi sepak bola paling bergengsi di muka Bumi ini.

Keempat negara yang terlibat akan bertanding mulai tanggal 18 Juni hingga 28 Juni 2018 mendatang dan mereka akan memperebutkan dua posisi teratas untuk dapat masuk di babak 32 besar. Berikut adalah info lengkap lolosnya mereka menuju Piala Dunia 2018 kualifikasi grup G.

1. Belgia

timnas belgia piala dunia 2018

Timnas dengan julukan setan merah ini telah berhasil lolos kebabak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa grup H dengan sangat perkasa. Bagaimana tidak, mereka tak terkalahkan dalam babak tersebut, saat menghadapi Yunani, Bosnia & Herzegovina, Estonia, Cyprus dan Gibraltar, walaupun sempat sekali melawan pertandingan Yunani. Mereka pun dinyatakan lolos pada tanggal 3 September 2017, dimana saat itu mereka masih memiliki dua pertandingan yang tersisa.

Dengan keberhasilan ini, berarti mereka telah tampil sebanyak 13 dari 21 kali sejak turnamen Piala Dunia diadakan. Terakhir kali mereka berhasil sampai tahap ini adalah pada saat Piala Dunia 2014 lalu, namun performa terbaiknya adalah pada saat Piala Dunia 1986 dimana mereka hanya menjadi peringkat empat, karena kalah terhadap Prancis saat memperebutkan juara ketiga.

2. Panama

timnas panama piala dunia 2018

Panama termasuk kuda hitam dalam turnamen Piala Dunia 2018 Rusia, karena mereka tak pernah satu kalipun lolos ke tahap kualifikasi Piala Dunia sebelumnya. Namun saat ini, mereka bisa membusungkan dadanya karena mereka berhasil lolos babak kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Utara dan tengah, dengan perjalanan yang cukup panjang. Mereka berhasil bertengger diperingkat ketiga di babak kelima di kualifikasi zona ini yang berisi Meksiko, Kosta Rika, Honduras, Amerika dan Trinidad & Tobago.

Mereka pun dinyatakan lolos, pada tanggal 10 Oktober 2017 kemarin, padahal mereka cukup lemah didepan gawang dan walaupun lini belakang mereka cukup bisa diandalkan. Meskipun demikian, tiga kali kemenangan yang ditebus dengan tiga kali kekalahan dalam sepuluh pertandingan saat ity berhasil menorehkan tonggak sejarah di negara mereka saat ini.

3. Tunisia

timnas tunisia piala dunia 2018

Negara ini juga menjadi salah satu kuda hitam dalam turnamen ini, terutama setelah mreka absen tiga kali turnamen secara beruntun, dimana penampilan terakhir mereka pada Puala Dunia 2006 di Jerman. Namun kini mereka berhasil menancapkan kukunya dan lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika.

Dalam babak tersebut, mereka memuncaki papan klasemen di Grup A pada babak tersebut setelah tak terkalahkan saat menghadapi timnas Kongo, Libya dan Guinea, walaupun sempat menjalani dua laga imbang. Dan ini merupakan penampilan kelima mereka di turnamen ini, setelah dinyatakan lolos pada tanggal 11 November 2017 lalu. Walaupun tak pernah sampai ke babak 32 besar namun empat diantaranya mereka berhasil mencapai babak penyisihan grup Piala Dunia, tahun 1978, 1998, 2000 dan 2006.

4. Inggris

timnas inggris piala dunia 2018

Timnas Inggris merupakan salah satu timnas yang cukup disegani di Piala Dunia 2018 ini, walaupun pada dasarnya mereka hanya berhasil menjuarai turnamen ini satu kali, pada tahun 1966. Meskipun demikian mereka memiliki segudang pemain yang berlaga diberbagai klub papan atas Eropa terutama di negeri sendiri.

Mereka berhasil lolos kembali kebabak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, setelah mereka mampu memuncaki papan klasemen di Grup F di babak ini. Bahkan dalam prosesnya, mereka tak terkalahkan dalam sepuluh pertandingan, menghadapi Slovakia, Skotlandia, Slovenia, Lithuania dan Malta, walaupun sempat bermain imbang sebanyak dua kali. Mereka dinyatakan lolos ditahap ini pada tanggal 5 Oktober 2017 lalu, setelah memenangkan pertandingan menghadapi Slovakia, padahal masih ada dua pertaandingan yang tersisa. Ini berarti mereka telah terlibat di Piala Dunia untuk ke 15 kalinya, dimana yang terakhir kali mereka tampil pada Piala Dunia 2014 lalu namun gagal menuju 32 besar.

Demikianlah panduan lengkap Piala Dunia 2018 Rusia untuk Grup G dimana telah dipaparkan secara jelas perjalanan empat negara menuju babak kualifikasi tahap akhir di turnamen ini.

GRUP H PIALA DUNIA 2018

1. Polandia

timnas polandia piala dunia 2018

Polandia mencapai target utama dengan sukses menuju ke Piala Dunia Rusia 2018. Skuat yang diarsiteki oleh Adam Nawalka ini lolos langsung ke Piala Dunia 2018 usai menang 4-2 atas Serbia Montenegro dipertandingan terakhirnya.

Kemenangan tersebut mencatatkan Polandia sebagai tim juara Grup E Pra-Piala Dunia 2018 zona UEFA dengan mengumpulkan 25 poin. Robert Lewandowski cs unggul 5 angka dari Denmark di peringkat kedua yang harus puas menggenggam tiket play-off.

Polandia menjadikan putaran Piala Dunia 2018 ini sebagai langkah baru usai mereka absen secara beruntun di Piala Dunia 2010 dan 2014. Terakhir kali mereka tampil di Piala Dunia 2006. Total, Polandia telah 7 kali berlaga di putaran final Piala Dunia dan Rusia 2018 merupakan penampilan ke-8 mereka.

Adapun prestasi terbaik Polandia di Piala Dunia adalah menjadi peringkat ketiga pada tahun 1974 dan 1982. Dan kini menduduki Grup H, Polandia bersama Kolombia muncul sebagai tim favorit menuju ke babak selanjutnya dibawah Senegal dan Jepang.

2. Senegal

timnas senegal piala dunia 2018

Senegal berhasil menjadi wakil Afrikan ketiga yang menuntaskan misinya dengan lolos ke putaran final Piala Dunia Rusia 2018. Pentas di Piala Dunia sendiri bagi Senegal adalah yang kedua kalinya usai tampil pula di Piala Dunia 2002 kemarin.

Lolosnya Senegal dipastikan melalui kemenangan 2-0 atas tuan rumah Afrika Selatan dalam lanjutan babak kualifikasi di Peter Mokaba Stadium, Polokwane. Kemenangan ini lantas membawa Senegal memimpin klasemen Grup D dengan perolehan 11 poin dari lima laga. Mereka unggul lima poin atas Burkina Faso yang berada di posisi kedua.

Lolosnya Senegal melengkapi negara-negara Afrika lainnya macam Nigeria dan Mesir yang lebih dulu lolos. Prestasi terbaik Senegal adalah mencapai babak perempat final di Piala Dunia 2002 Afrika Selatan.

Kini Senegal memiliki kekuatan yang super baru, dengan diarsiteki oleh Aliou Cisse mereka terbentuk dalam kekuatan pemain berkelas dunia macam Sadio Mane (Liverpool), Sakho (West Ham), Kalidou Koulibaly (Napoli), Idrissa Gana Gueye (Everton), Keita Balde Diao (Monaco), dan Mbaye Niang (Torino).

3. Kolombia

timnas kolombia piala dunia 2018

Kolombia berhasil mewujudkan targetnya dengan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia. Kelolosan Kolombia ditentukan oleh hasil dari zona Conmebol atau Amerika Selatan, meski berperingkat empat klasemen, namun Kolombia membuktikan bahwa mereka layak menuju ke Rusia bulan Juni dan Juli mendatang.

Lolos ke Rusia membuat Kolombia mendapat julukan sebagai tim kuda hitam. Bukan tidak mungkin, timnas Kolombia dengan kekuatan mereka di musim ini akan menyulitkan langkah tim tim besar lainnya serta membuat persaingan untuk mendapatkan gelar juara akan terasa sengit kembali.

Tergabung di Grup H bersama Senegal, Jepang dan Polandia. Kolombia masih berada ditingkat yang lebih tinggi dari mereka untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Meski memiliki langkah yang cukup terjal nantinya, akan tetapi timnas Kolombia tetap mempunyai prinsip utama untuk bisa meraih hasil baik di Piala Dunia 2018 Rusia.

4. Jepang

timnas jepang piala dunia 2018

Jepang berhasil membuktikan dirinya sebagai jawara benua Asia dengan sukses meneruskan tradisi tampil di Piala Dunia yang mereka awali sejak 1998. Tim berjuluk Samurai Biru ini diasuh oleh Vahid Halilhodzic memastikan diri tercatat di Piala Dunia 2018 usai menaklukan Australia 2-0 di laga kualifikasi Grup B zona Asia.

Kemenangan itu lantas mengantarkan Jepang sebagai juara grup B dengan catatan 20 poin. Perolehan poin Jepang pun tidak mungkin terkejar dua pesaing lainnya, Arab Saudi dan Australia yang mengantongi poin 16.

Piala Dunia Rusia 2018 akan menjadi Piala Dunia yang keenam bagi Jepang. Dari enam kali tampil di kejuaraan akbar sepak bola antarnegara, Jepang menuai prestasi terbaik di Piala Dunia 2002 dan 2010 dengan keberhasilan melaju hingga babak 16 besar.

Kini kekuatan Jepang bisa diperhitungkan dan wajib diwaspadai oleh tim-tim besar Grup H macam Senegal, Polandia dan Kolombia. Bukan tidak mungkin dengan DNA permainan cepat dan disertai oleh spirit yang luar biasa, Jepang akan mengejutkan panggung untuk keluar sebagai juara Grup.