Profil Timnas Panama Piala Dunia 2018

Timnas Panama lolos ke Piala Dunia 2018

Untuk ­kali pertama Panama bermain pada putaran final Piala Dunia 2018. Prestasi yang luar biasa itu karena performa cemerlang dari Los Canaleros sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona The ­Confederation of North, Central ­America and Caribbean Associaton Football (CONCACAF).

Panama menagnkan laga atas Kosta Rika dengan skor 2-1 pada pertandingan terakhir babak kualifi­kasi. Di waktu yang bersamaan, Amerika Serikat yang menjadi tim unggulan malah harus tunduk dengan skor 1-2 dari Trinidad and Tobago. Lewat hasil tersebut, Tim nasional Panama berhasil finis di urutan ketiga Zona CONCACAF dengan berhasil catatkan 3 hasil oke dan menghasilkan total 13 poin, 3 kali kalah, dan 4 kali imbang.

Los Canaleros secara langsung berhasil lolos ke Rusia bersama dengan Meksiko yang memimpin klasemen dengan catatkan 21 poin dan Kosta Rika dengan 16 poin yang berada di urutan kedua.

Sedangkan Honduras berada di urutan 4 dengan 13 poin, perlu melangsungkan laga play-off berhadapan dengan Australia untuk raih 1 tiket tersisa.

Australia pada akhirnya berhasil lolos ke Rusia usai menang dengan agregat 3-1. Sementara AS menempati urutan 5 dengan catatkan 12 poin dan batal ke Rusia.

Prestasi yang luar biasa itu membuat Presiden Panama Juan Carlos Va­rela menetapkan hari tersebut sebagai hari libur nasional dan menetapkan para pemain La Marea Roja menjadi pahlawan nasional.

Namun, performa Panama jadi merosot, usai raih hasil oke dengan skor 2-1 melawan Kosta Rika. Mereka ditundukkan oleh Denmark dengan skor 0-1 lewat pertandingan friendly pada tanggal 22 Maret 2018 di Brondby, Denmark. Lalu, Los Canaleros ditundukkan Swiss dengan skor 0-6 di Lucerna, Swiss, 27 Maret 2018.

Timnas Panama Piala Dunia 2018

Sang pelatih Panama Hernan Dario Gomez tengah perbaiki garis pertahanan timnya Lewat 2 hasil pertandingan friendly tersebut. Salah sa­tunya, dengan mer­ubah formasi 4-4-2 menjadi 5-4-1 atau 4-5-1.

Termasuk ketika menangkan laga atas Kosta Rika dengan skor 2-1 sepanjang babak kualifikasi, Panama terapkan formasi 4-4-2 dengan garis depan diisi oleh Gabriel Torres dan pemain veteran Blas Perez.

Namun formasi 4-5-1 berusaha dite­rapkan ketika Panama melangsungkan pertandingan friendly berhadapan dengan Irlandia Utara pada hari Rabu 30 Mei 2018 di Estadio Rommel Fernandez Gutierrez, Panama City, Panama.

Hernan Gomez cuma tempatkan Luis Tejada sebagai pemain penyerang di garis depan. Hasilnya, Los Canaleros dapat pertahankan hasil imbang tanpa cetak angka 0-0 menghadapi pasukan Michael O’Neill.

Formasi itu nampak akan diterapkan di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia berhadapan dengan Belgia pada tanggal 18 Juni, Inggris (24 Juni) dan Tunisia (28 Juni).

Namun, sebelum bermain di Rusia, Panama bakal langsungkan 1 pertandingan friendly terakhir, yaitu berhadapan dengan Norwegia pada tanggal 6 Juni 2018 di Oslo, Norwegia.