Sarri Tolak Disejajarkan dengan Guardiola

Maurizio Sarri menolak keras pemberitaan terkait persamaan dirinya dengan pelatih Manchester City, Josep Guardiola. Menurut pelatih Napoli tersebut, namanya tak sebanding dengan Guardiola yang merupakan salah satu pelatih terbaik dunia yang bahkan kualitasnya sudah seperti dunia lain.

Munculnya kabar ini tak lepas dari banyak spekulasi yang menilai jika Sarri dan Guardiola memiliki kesamaan dalam pemahaman taktik sepakbola modern. Bisa dilihat bahwa kedua nya sama-sama memiliki karakter taktik menyerang dengan penguasaan bola dan kombinasi umpan pendek merapat.

Sarri yang melatih Napoli sering kali mengaplikasikan taktik tiki taka milik Barcelona ketika Guardiola masih menjabat dan tak pula berbeda di Bayern Munchen. Kini gaya Guardiola tak berubah dengan mengarsiteki Manchester City.

“Saya ingin Anda berhenti membandingkan apa yang ada pada diri saya. Tidak mungkin membandingkan saya dengan Guardiola, dia seperti dunia lain dan yang terbaik untuk urusan ini. Saya punya pemikiran dan pemahaman bermain, namun tak lebih baik dari yang lain,” ucap Sarri.

Dilain sisi, Sarri juga menyatakan kagum atas kinerja Guardiola sebagai pelatih klub elite sepakbola. Rasa kagum Sarri tak lepas dengan gaya melatih Guardiola yang dikenal sebagai pelatih modern yang mengandalkan serangan dari lini belakang.

Pernyataan singkat padat dari Sarri tersebut tak lantas membuat Napoli ciut menghadapi Manchester City dilanjutan fase grup Liga Champions. Berdasarkan pandangan Sarri, Manchester City bukanlah tim yang tidak bisa terhindar dari kekalahan.

Dengan artian jika anak asuh Sarri akan bisa mengalahkan Manchester City di San Paulo, Italia meski jalan itu sulit.

“Mungkinkan mereka tidak bisa dikalahkan?, Tidak mungkin, karena tidak ada yang seperti itu. Tapi mereka adalah tim terbaik di Eropa yang dilatih oleh pelatih terbaik Eropa bahkan dunia.” SArri mengakhiri sesi jumpa pers jelang pertandingan tengah pekan ini.