Setelah Maradona, Kini Mario Kempes Ingin Jadi Pelatih Argentina

Harapan Argentina untuk dapat meraih gelar juara Piala Dunia untuk ketiga kalinya telah sirna setelah mereka ditaklukkan oleh Prancis pada akhir Juni 2018 kemarin. Hal ini membuat masa depan Jorge Sampaoli dipertanyakan dan menjadi buah bibir di media masa. Menariknya ada beberapa pemain legenda mereka yang menawarkan jasanya untuk mengasuh mereka untuk Piala Dunia berikutnya seperti Diego Maradona. Dan kini Mario Kempes juga ingin mencicipi kursi panas itu di masa depan.

Jorge Sampaoli pelatih timnas Argentina 2018 akan dipecat

Jorge Sampaoli pelatih timnas Argentina 2018 akan dipecat?

Performa Jorge Sampaoli Dengan Argentina

Memang ada sebagian pihak merasa bahwa pemecatan Sampaoli bukanlah jalan yang terbaik, karena ia telah berhasil membawa timnya melewati babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Tentu performanya untuk membawa timnya lolos dari babak penyisihan grup untuk mendapatkan tiket menuju perenambelas final juga patut diperhitungkan, walaupun disepanjang perjalananya cukup mengkhawatirkan dimana performa mereka tak seperkasa yang diharapkan.

Argentina kaya dengan pemain berbakat yang mampu merobek gawang lawan dimana mereka telah teruji saat bermain di klubnya masing-masing. Namun entah mengapa strategi yang ia buat hanya fokus kepada Lionel Messi sehingga mereka cenderung lebih mudah ditebak pergerakannya. Dan akhirnya saat menghadapi Prancis adalah puncaknya dimana mereka menelan kekalahan dengan skor 4-3.

Masa Jabatan Jorge Sampaoli Akan Berakhir

Walaupun sebagian memaklumi karena ia baru menangani Argentina dalam waktu setahun, namun tetap saja masa depannya dipertanyakan publik. Bahkan Diego Maradona pun selaku legenda hidup mereka bersedia untuk menggantikannya, bahkan secara gratis.

Namun setelah penegasan pemain yang mengangkat pernah Piala Dunia 1986 itu, dua hari kemudian, legenda Argentina lainnya yaitu, Mario Kempes, menawarkan untuk diri untuk mengasuh timnasnya. Dan saat diwawancari oleh ESPN, ia mengatakan,

“Tentu saja! Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan tetapi masih ada waktu yang cukup kedepannya untuk proyek yang baik, untuk mengatasi tantangan yang sangat menarik, dan saya yakin itu akan menghasilkan kemenangan,”.

Mario Kempes yang pernah melatih pelita jaya

Mario Kempes yang pernah melatih pelita jaya

 

Profil Mario Kempes

Pria berusia 63 tahun ini, sempat menjadi striker di beberapa klub di berbagai negara, seperti Argentina, Spanyol, Austria dan Chile sebelum menggantung sepatu di Indonesia para tahun 1994 membela Pelita Jaya. Ia pun mengawali kepelatihan dengan menjadi pelatih di Pelita Jaya setahun kemudian dilanjutkan dengan beberapa klub di Albania, Venezuela dan terakhir di Bolivia.

Namun striker bintang Argentina selama kemenangan Piala Dunia 1978 dan sempat mencetak gol dua gol di final itu belum melatih lagi sejak tahun 2002 dan karirnya bisa dikatakan hampir tidak cemerlang. Mungkinkah Mario Kempes mampu membuat menjadi pelatih Argentina dan membuat mereka perkasa lagi? Bagaimana pendapat Anda?