Tim Nasional Spanyol Favorit Juara di Piala Dunia 2018

Spanyol Favorit Juara piala dunia 2018

Usai tundukkan Argentina tim nasional Spanyol muncul sebagai salah satu favorit juara di ajang Piala Dunia 2018. Timnas Spanyol seperti temukan jalan keluar atas kritik selama 2 tahun yang lalu setelah di 16 besar Piala Eropa ditundukkan Italia dengan skor 0-2.

Vicente del Bosque punya rasa percaya diri dengan para pemain yang dia bimbing untuk menuju ke arah keberhasilan di ajang Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Muncul kesan kalau dia pilih anggota tim sesuai reputasi dan loyalitas dibanding kebugaran dan penampilannya.

Keadaannya sudah berubah jelang Piala Dunia 2018, Julen Lopetegui yang ambil alih tim usai ajang Piala Eropa 2016, yang kemudian dirinya lakukan perubahan pada sejumlah bagian.

Penjaga gawang Iker Casillas digantikan dengan David de Gea adalah keputusan yang terlalu terlambat. Gelandang Cesc Fabregas terus menjadi sosok kunci. Tak ada jalan yang jelas untuk para pemain dari berbagai umur dan Isco malah tak masuk skuad.

Bekas pelatih Spanyol U-21 tersebut ciptakan tim senior dengan para pemain yang sebelumnya sampat bekerja di bawah pimpinannya. Timnya kemudian hancurkan Argentina dengan skor akhir 6-1 pada laga friendly yang dimainkan pada hari Selasa tanggal 27 Maret 2018. Tim tersebut juga kembali menjadi salah satu tim yang diperhitungkan untuk menjadi juara di Piala Dunia.

Banyak rasa percaya diri tertuju pada Lopetegui, 51 tahun, yang sudah ambil kebijakan untuk memilih pemain sesuai dengan penampilan daripada sekadar nama.

Spanyol Unggulan Juara piala dunia 2018

Opsinya untuk memanggil pemain Valencia Rodrigo Moreno, pencipta angka ketika timnya tampil seri dengan skor 1-1 melawan Jerman, dan Iago Aspas dari Celta Vigo, yang sarangkan cetak angka ke 6 ketika berhadapan dengan Argentina, adalah sebuah bukti atas hal tersebut.

Bakal jadi keputusan yang mudah untuk panggil pemain penyerang Chelsea, Alvaro Morata, pemilik nama besar di klub yang ikut laga di ajang Liga Champions. Tetapi Lopetegui terus percaya pada prinsip-prinsipnya.

Mungkin hal besar yang sudah diraih pada masa kepelatihannya sampai saat ini ialah menjadikan gelandang Real Madrid, Isco, sebagai pusat dari semuanya.

Pemain yang catatkan 3 angka ketika berhadapan dengan Argentina itu saat ini adalah pemain tersubur urutan kedua Spanyol di bawah pimpinan sang pelatih dan akan menjadi sosok penting untuk harapan mereka di Rusia.

“Dia tunjukkan rasa yakinnya pada saya dengan beberapa menit bermain dan beberapa laga yang diberikannya pada saya,” imbuh Isco, yang di klubnya malah sedikit tergusurkan.

Di Piala Dunia 2018, Spanyol bakal berselisih di Grup B, yang juga diisi oleh Portugal, Maroko, dan Iran.